Bangga Melestarikan dan Mengenakan kan Batik, Sovia : Jangan Kalah Saing Dengan Produk Luar !

  • Selasa, 03 Oktober 2023 - 10:25:32 WIB | Di Baca : 490 Kali

 

SeRiau-  DPRD Pekanbaru mengajak masyarakat untuk terus melestarikan batik salah satunya dengan bangga mengenakan busana batik dalam berbagai kesempatan. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi II DPRD Pekanbaru Sovia Septiana S Sos dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada tanggal 2 Oktober.

"Kita ingin, di peringatan hari batik ini masyarakat semakin menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan untuk tetap melestarikan batik sebagai warisan budaya yang telah mendunia, batik harus jadi andalan di negeri kita. Jangan sampai batik ini kalah saing dengan produk luar negeri," kata Sovia, beberapa waktu lalu.

Sovia mengatakan, batik sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia yang diakui oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu ini harus terus dipopulerkan supaya tidak kalah dengan produk luar negeri.

Selain itu, batik harus menjadi unggulan dan andalan bagi seluruh kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

"Batik ini sudah sangat mendunia dan terkenal sampai ke luar negeri. Namun, terkadang masih saja kita lihat batik kalah dengan produk fashion lain yang memiliki merek. Apalagi anak-anak muda ini harusnya ini lebih gemar dan sering mengenakan batik sekaligus mempopulerkan," ujarnya.

Srikandi Golkar ini juga mendorong pelaku UMKM agar dapat berkreasi dan berinovasi dalam memproduksi batik terus berkembang dan semakin gemar dikenakan masyarakat.

"Harapannya, pelaku UMKM yang ada di Pekanbaru ini bisa terus mempopulerkan batik dengan penuh kreasi dan inovasi. Batik ini bukan hanya soal baju kemeja saja, tapi bisa dibuat seperti jaket dan lain sebagainya," ucap Sovia. (***)





Berita Terkait

Tulis Komentar