Belum Tamat, Langsung Diterima Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 2 Ikuti Prosesi Wisuda dan Perpisahan

  • Kamis, 02 Mei 2024 - 22:19:48 WIB | Di Baca : 257 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 297 siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru mengikuti Prosesi Wisuda dan Perpisahan sekolah, Kamis (2/5) di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Kegiatan Wisuda dan Perpisahan ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei.

Prosesi wisuda dan perpisahan ini menandakan siswa menuntaskan masa studi di SMK dan dikembalikan ke orangtua setelah mereka dibimbing di sekolah selama tiga tahun

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Paiman Sanen mengatakan sebanyak 297 siswa yang diwisuda saat ini berasal dari beberapa program keahlian yakni
Desain Komunikasi Visual, Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, serta Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim.

Selanjutnya program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Teknologi Farmasi, Akuntasi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Digital serta Kuliner.

Dari lulusan tahun ini, kata Paiman, sudah ada yang langsung diterima di dunia kerja. Bahkan, sebelum menyelesaikan studi, mereka telah diterima oleh dunia usaha. Beberapa orang ditempatkan di area Sumatera Barat dan Riau." Jadi kompetensi siswa kita jangan diragukan lagi. Sebelum mereka tamat sudah ada diterima kerja," kata Paiman Sanen, Kamis (2/5) usai perpisahan.

Sementara, pada Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 ini, ada tujuh orang yang lulus di perguruan tinggi negeri.

Kemudian, ada juga lulusan yang ikut Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)." Selain terjun langsung ke dunia kerja, kita juga mendorong mereka melanjutkan pendidikan sesuai keinginan. Selain itu ada juga yang mulai berwirausaha,” kata Paiman.

Saat ini, setidaknya ada 19 persen siswa yang lulus memulai usahanya sendiri. Paiman berharap, para alumni tetap memberi yang terbaik dimana pun berada. Munculkan sikap dan semangat yang diajarkan di sekolah. Baik jadi entrepreneur maupun bekerja, jangan lupa bahwa kita kader Muhammadiyah yang harus memberi yang terbaik pada bangsa,” katanya

Sementara, Ketua Bidang Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau, Dr Harmaini mendorong alumni mempertahankan ilmu yang sudah diperoleh di bangku SMK. Bahkan, diharapkan mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Para alumni SMK Muhammadiyah 2 juga harus menjadi kader yang menjaga kualitas dan mutunya. Harus komit dengan apa yang diyakini selama ini bahwa Muhammadiyah selalu menjadi lembaga dakwah. Salah satunya melalui dunia pendidikan

Sementara kepada siswa yang lulus, dia berpesan bahwa mereka adalah generasi yang akrab dengan dunia digital. Artinya, tidak boleh jauh dari digitalisasi." Karena itu, bekerjalah dengan menggunakan teknologi digital. Tapi harus ingat hakikat kita sebagai manusia," paparnya.

Pada acara tersebut juga ditampilkan pertunjukan seni bergantian oleh peserta didik. Selain itu, siswa kelas XII yang lulus juga dipanggil satu persatu untuk pengalungan medali oleh kepala sekolah.(zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar