BAN-PDM Provinsi Riau Gelar Rakorda Pertama, Sebanyak 2062 Satuan Pendidikan di Akreditasi Tahun Ini

  • Senin, 29 April 2024 - 15:15:50 WIB | Di Baca : 513 Kali

 

Seriau,- Badan Akreditasi Nasional Pendidikan PAUD, Dasar dan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Riau melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) tahap 1 tahun 2024. Kegiatan yang dilaksanakan hingga 30 April ini diikuti oleh ratusan peserta dari oganisasi mitra BAN PDM.

" Ini kegiatan Rakorda pertama BAN- PDM sejak pengabungan BAN PAUD dan BAN S/M beberapa waktu lalu," kata Ketua BAN-PDM Provinsi Riau Samulak SPd.MSi usai membuka acara Rakorda I BAN-PDM di Hotel Jatra Pekanbaru, Minggu (28/4)

Dihadapan peserta Rakorda, Samulak mengatakan tahun ini BAN-PDM Provinsi Riau akan melakukan akreditasi sebanyak 2062 satuan pendidikan mulai dari PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah serta pendidikan kesetaraan.

Dari jumlah tersebut, 1219 akreditasi untuk pendidikan PAUD. Sedangkan untuk pendidikan menengah baik itu sekolah dan madrasah sebanyak 812 satuan pendidikan dan PKBM ada 31 buah.

Samulak menegaskan bahwa akreditasi yang dilakukan BAN-PDM ini untuk menilai terhadap satuan pendidikan. Akreditasi ini dilakukan untuk menjamin mutu pendidikan di satuan pendidikan apakah sudah memenuhi 8 standar pendidikan atau tidak. BAN PDM sebagai pihak  ekternal berwenang melakukan akreditasi untuk menilai satuan pendidikan yang ada di Riau.

" Ya tahun ini, ada peningkatan satuan pendidikan yang akan diakreditasi jumlahnya mencapai 2062 satuan pendidikan mulai dari PAUD pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan kesetaraan," terang Samulak.

Sementara Ketua Panitia Rakorda I BAN-PDM  Dr Asrinda Amalia mengatakan Rakorda pertama tahun 2024 ini bertujuan untuk menyatukan persamaan persepsi tentang kebijakan mekanisme akreditasi dan program yang akan dilaksanakan BAN-PDM Provinsi Riau 2024.

Tersosialisasinya kegiatan dan mekanisme BAN-PDM tahun ini. Selain itu, terjaminnya mutu pendidikan serta tersusunya langka strategis program dan mekanisme penjaminan mutu pendidikan.

Kegiatan Rakorda ini juga untuk membangun koordinasi yang bersinergi antara BAN PDM dengan BPMP, Dinas Pendidikan Provinsi dan kabupaten kota dan Kemanag Provinsi kabupaten kota serta dan organisasi mitra

" Mari kita bahu membahu dan menyukseskan program pelaksanaan BAN PDM tahun 2024 ini," ajak Asrinda.

Asrinda juga menyampaikan tahapan pelaksanaan akreditasi satuan pendidikan akan dimulai pertengahan Mei ini dan menargetkan apa yang menjadi kuota BAN PDM untuk melakukan akreditasi tahun ini bisa terlaksanakan dengan baik.

Dalam Rakorda tahap 1 ini juga dihaduri seluruh anggota BAN- PDM Provunsi Riau yang berjumlah 10 orang, BGP Riau, BPMP Riau, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota, Kepala Kantor Kamenag Kabupaten Kota serta organiasasi mitra. (zal)

 





Berita Terkait

Tulis Komentar