Ditlantas Polda Riau Cek Kesiapan Tol XIII Koto Kampar Untuk Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Tol Pekanbaru - Bangkinang XIII Koto Kampar Bisa Digunakan Siang Hari

  • Kamis, 21 Desember 2023 - 13:01:05 WIB | Di Baca : 348 Kali

 


SeRiau - Pekanbaru - Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang saat ini sudah tersambung hingga ke daerah XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar dan rencananya akan dibuka saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Untuk memastikan kesiapan jalan tol itu Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK, MH didampingi PJU Ditlantas Polda Riau bersama pihak PT. HK, Dinas PUPR, dan Dinas Perhubungan, Rabu (20/12) langsung melakukan peninjauan.

Peninjauan itu juga dalam rangka OPS Lilin Lancang Kuning 2023 dalam pengamanan perayaan Natal 2023 - Tahun Baru 2024 dan pasca liburan panjang.

Dir Lantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH mengatakan kegiatan pengecekan Jalan Tol Pekanbaru Bangkinang, XIII Koto Kampar yang tidak lama lagi akan bisa dilalui itu adalah untuk memastikan apakah bisa dilalui saat Natal dan Tahun Baru 2024. 

"Hasilnya memang kondisi terkini jalan tol Pekanbaru - Bangkinang XIII Koto Kampar sudah bisa dilalui, tapi secara keseluruhan belum dilengkapi rambu-rambu lalu lintas dan juga penerangan jalan. Jadi jalan ini jika nantinya digunakan hanya khusus siang saja," ujar Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH didampingi istansi terkait, menajemen PT HK dan Kasat Lantas Polres Kampar kepada wartawan.

Malam hari tambah Dir Lantas, jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang XIII Koto Kampar tidak bisa digunakan karena belum dilengkapi rambu-rambu lalu lintas dan juga penerangan jalan. "Hal itu mengingat keamanan pengendara itu sendiri," ucap Pria yang menyandang tiga bunga melati dipundaknya itu.

Pantauan dialokasi jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang XIII Koto Kampar, tampak para pekerja jalan tol di KM 44 hingga KM 47 terus menggesa pekerjaan jalan agar segera bisa digunakan jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

"Lonjakan kendaraan pasti meningkat jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 karena berbarengan pasca liburan panjang. Untuk antisipasi lonjakan, khususnya di siang hari kita akan gunakan jalan TOL Pekanbaru - Bangkinang XIII Koto Kampar. Kita akan terus berkoordinasi dengan pihak TOL agar jalan Tol ini bisa segera digunakan," ungkapnya. 

Kombes Pol Taufiq Lukman juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan aktivitas berkendara dan menggunakan jalan tol agar mengecek kendaraannya. "Pastikan betul kondisi kendaraan sehat, siapkan surat diri dan kelengkapan surat kendaraan, jangan menggunakan Handphone saat berkendara, kontrol laju kendaraan, bilamana kondisi fisik tidak stabil atau mengantuk silahkan istrahat di rest area yang disediakan pihak TOL dan jangan berhenti dibahu jalan, selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan diri pengendara lainnya," ujar Taufiq.

Taufiq juga berpesan mari mulai dari diri sendiri untuk menjadi pelopor keselamatan, ingat kecelakaan terjadi diawali oleh kelalaian pengendara itu sendiri, tetap berhati-hati saat berkendara patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, ingat keluarga menanti anda di rumah, utamakan keselamatan dari kecepatan, karena keselamatan yang pertama dan utama. (rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar