PRAKTIK BAIK KEPALA SMK NEGERI 1 PEKANBARU

  • Jumat, 06 Oktober 2023 - 20:23:06 WIB | Di Baca : 342 Kali

 

Seriau,- Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) berdiri pada tanggal 1 Agustus 1958 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No 2144/B/3/KEDJ tertanggal 22 September 1958.

Kemudian dengan perubahan Kurikulum 1994 terjadi peralihan nama jenjang pendidikan
yaitu dari SMEA menjadi SMK Negeri 1 Pekanbaru berdasarkan Kepmendikbud No. 036/0/1997.

SMK Negeri 1 Pekanbaru mempunyai tiga bidang studi antara lain Bisnis dan Manajemen dengan program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis serta Pemasaran, bidang keahlian Pariwisata dengan program keahlian Usaha Layanan Wisata dan Perhotelan serta bidang keahlian Teknik Informasi dengan program keahlian Teknik Jaringan dan Telekomunikasi.

SMK Negeri 1 Pekanbaru berlokasi di  Jl Semeru No.16 Pekanbaru. Sebuah amanah luar biasa menjadi Kepala SMK Negeri1 Pekanbaru bagi saya yang sudah lama menjalankan karir didunia pendidikan sehingga saya mendapatkan amanah besar ini.

Berikut profil sebagai Kepala SMK Negeri 1 Pekanbaru.
Nama   : Dra.CitraAries,M.Pd
NIP        : 196803031993032004
TTL       : Pekanbaru, 3 Maret 1968
Pangkat/Golongan: Pembina Utama Muda/IVC
Jabatan: Kepala SMK Negeri1
Pekanbaru Tahun 2023–sekarang

Pestasi Kepala SMKN 1 Pekanbaru:
1.Juara1 Guru Prestasi Tingkat SMA Kota Pekanbaru Tahun 2015
2.Juara1 Guru Prestasi Tingkat SMA ProvinsiTahun 2016
3.Finalis Guru Prestasi tingkat Nasional Tahun 2016
4.Juara 2 Menulis Buku Non Fiksi Tingkat Nasional 2018
5.Penerima Satya Lencana Presiden RI Tahun 2018
6. Koordinator Pengajar Praktik Program Guru Penggerak Angkatan1 tahun 2020 dan 2021 SMK Negeri1 Pekanbaru sudah mendapatkan predikat sebagai Sekolah Pusat
Keunggulan (SMKPK) dan sekolah berstandar BLUD.

Alih status SMK Negeri menjadi
SMK BLUD adalah sebuah program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bahwa bentuk BLUD dinilai sangat cocok bagi SMK yang telah mampu mengembangkan teaching factory dan SMK yang sudah direvitalisasi dapat segera
menjadi BLUD yang mampu menghasilkan.

Hasil ini bisa digunakan untuk pemeliharaan dan pengembangan SMK. SMK Negeri alih status menjadi SMK BLUD adalah sebagai upaya penyelarasan persepsi arah baru pendidikan vokasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk seluruh program sekolah kejuruan.

SMK Negeri1 Pekanbaru juga dipilih dan diberi amanah sebagai Pusat Belajar pada program Upkilling dan Reskilling tahun 2023 oleh Kemendikbud Ristek untuk program keahlian OTKP Akuntansi dan BDP

Inovasi Olahan Daun Ketapang (Briket Dauh Ketapang)

Ciptakan Pembelajaran Berdiferensiasi wujudkan Merdeka Belajar SMKN 1 Pekanbaru

Berawal dari kegelisahan saya selaku pendidik melihat tumpukan sampah daun ketapang yang sudah tua setiap dua atau tiga jam sekali dipekarangan sekolah yang
sampai saat itu solusinya hanya mengumpulkan dan membuangnya ketempat sampah.

Saya jadi berfikir setiap yang ada dimuka bumi ini pasti ada kebermanfaatan ketika kita
mau untuk mencarimanfaatnya, saya pun menindaklanjuti dengan mengambi beberapa daun yang jatuh dan saya libatkan siswa yang mempunyai kompetensi di bidang penelitian saat itu.

Alhasil dalam 1 minggu melakukan percobaan dirumahnya ternyata sampah daun ketapang yang sudah tua mempunyai peluang untuk diolah. Saya pun mulai mencoba mencari referensi dan bertanya kepada komunitas guru berprestasi digroup saya mereka menyarankan untuk memberikan satu saran untuk diolah menjadi BRIKET.

Sayapun mulai bekerja dengan siswa dan melibatkan guru disekolah, alhasil jadilah briket tersebut dan itu sebagai produk SMKN1 Pekanbaru yang sudah lolos uji lab berstandar nasional oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau.

Adapun produk yang dihasilkan:
BRICKET DAUN KETAPANG
Bricket daun ketapang dibuat dari daun ketapang kering yang telah jatuh dan menjadi sampah dilingkungan sekolah. Proses pembuatan bricket ini tidak lah sulit.

Kondisi sekolah dengan pohon ketapang sebagai populasi terbesar menjadikan bahan untuk pembuatan bricket ini sangat mudah didapat. Bricket ini sebenarnya juga bisa dihasilkan dari biji ketapang, namun struktur biji yang keras membutuhkan alat pencacah/penghancur biji agar lebih efektif dan efisien.

Pembuatan bricket ini diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi penggunaan sumber
daya mineral secara besar- besaran. Hal ini juga menjadi sebuah solusi jitu dalam menanggulangi masalah sampah daun ketapang yang ada disekolah khususnya dan pada lingkungan Provinsi Riau pada umumnya.

Keunggulan produk ini adalah bricket yang dihasilkan memiliki daya panas yang lebih tinggi dan ketahanan panas yang lebih lama jika dibandingkan bricket pada umumnya (***).





Berita Terkait

Tulis Komentar