Yoyo: Dorong Kepala Perpustakaan Sekolah di Riau Punya Manajemen  Berstandar Nasional

  • Senin, 14 Juni 2021 - 23:45:03 WIB | Di Baca : 2225 Kali

 

Seriau,- Kepala Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI, Yoyo Yahyono mengatakan kepala perpustakaan sekolah di Riau bisa menata manajemen perpustakaan agar sesuai dengan standar nasional. Hal ini sangat penting agar kepala perpustakaan tidak hanya mampu mengolah bahan pustakanya. Tapi juga bisa mengalih mediakan dalam bentuk digital dan menyebarluaskannya ke peserta didik.

Demikian dikatakan Yoyo dalam acara Diklat Nasional Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah se-Riau, Senin (14/6)

Menurutnya, dalam pengelolaan perpustakaan saat ini ada perubahan sudut pandang. Mulai dari management collection, management knowledge dan sekarang adalah transfer knowledge.  Untuk itu kepala perpustakaan harus betul-betul paham dengan tugasnya. Transfer knowledge inilah yang lebih banyak diberikan pada peserta dalam Diklat. Dengan kemampuan itu, pemustaka tidak hanya mampu mengolah bahan pustakanya dalam bentuk digital," kata Yoyo.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, DR Rahima Erna yang membuka Diklat ini menjelaskan bahwa suasana pandemi Covid-19 saat ini mempengaruhi tingkat kunjungan di perpustakaan. Bahkan, perpustakaan Soeman HS yang tergolong terbaik saja sudah enggan dikunjungi.

Oleh karena, diperlukan inovasi agar ilmu pengetahuan dari buku-buku di perpustakaan tetap bisa diserap masyarakat luas. Caranya, kepala perpustakaan perlu menaja perpustakaan digital. Jadi masyarakat tetap bisa membaca buku secara digital." Saya mengapresiasi Diklat yang diselenggarakan Atpusi Riau ini. Menurut dia, peserta berkesempatan melihat bagaimana kemajuan yang diterapkan di perpustakaan sekolah yang telah berpredikat terbaik nasional," katanya

Ketua Atpusi Provinsi Riau, Latif M.Pd menjelaskan, peserta merupakan kepala perpustakaan mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK berjumlah 60 orang. Mereka akan mendapatkan materi terkait kompetensi kepala perpustakaan. 
Materi itu di antaranya teknologi informasi, literasi informasi, manajemen pengembang budaya baca dan mengolah data perpustakaan secara digital. Sebelumnya, pencatatan buku yang ada di perpustakaan dilakukan manual. Lewat pelatihan ini, maka diharapkan perpustakaan sekolah ke depan mulai melakukan pendataan secara digital.

Dikatakanya, ada beberapa isu yang kerap dialami kepala pustaka saat ini. Di antaranya banyak mengeluhkan anggaran perpustakaan yang minim. Kemudian, minimnya fasilitas dan gedung perpustakaan." Selama ini banyak perpustakaan sekolah yang digabung dengan ruang kelas, ruang guru bimbingan konseling (BK) dan lain-lain. Padahal harusnya dibedakan,” katanya

Agar pelaksanaan sesuai protokol kesehatan, kata Latif, peserta dibagi dua paket. Yaitu Paket A dan Paket B. Nantinya, jadwal masuk peserta dibedakan berdasarkan paket tersebut sehingga jaga jarak dapat diterapkan. Sabagai narasumber dalam Diklat Kepala Perpustakan Sekolahbsan Madrasah yakni Kepala Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI, Yoyo Yahyono juga ada Hendripides Kepala SMK Labor Pekanbaru yang pernah menjadi juara 1 Nasional Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar