Hari Disabilitas di SMAN 4 Pekanbaru, Claudia Bersyukur Bisa Bersekolah di SMAN 4

  • Kamis, 05 Desember 2019 - 10:21:48 WIB | Di Baca : 899 Kali

 

SeRiau,- Claudia Fritsca salah satu siswa disabilitas di SMAN 4 Pekanbaru merayakan Hari Disabilitas Internasional 2019. Kegiatan yang dikemas dalam pentas seni ini menampilkan kebolehan anak disabilitas.

Claudia yang saat ini duduk dikelas XII IPS ini mengaku bangga dan bersyukur bersekolah di SMAN 4 Pekanbaru." Sebagai siswa disabilitas, saya sangat bersyukur sekali bisa bersekolah di SMAN 4 Pekanbaru," kata Claudia, Rabu (4/12) di sela kegiatan.

Loading...

Siswa tuna nerta ini, mengaku mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah, mejelis guru dan sesama siswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang SMA. Sebelumnya dara kelahiran 2001 ini bersekolah di SLB Sri Mujinab. Dukungan penuh dari kepala sekolah membuat dirinya percaya diri, berbaur dengan sesama siswa." Kalau dukungan kepala sekolah sangat tinggi dimana setiap kali mengikuti lomba saya selalu mendapat izin dari ibu kepala sekolah," kata anak dari kedua bersaudara ini.

Tidak hanya kepala sekolah, kata Claudia, guru juga memberi dukungan mengajar ekstra Claudia dalam belajar. Begitu juga dengan sesama siswa selalu membantu kebutuhan Claudia seperti membacakan buku, membaca soal ujian dan lain sebagainya." Ini yang membuat saya sangat senang berada di SMAN 4 Pekanbaru," kata dara yang bercita menjadi psikolog

Sementara itu kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj. Yan Khoriana. MPd mengatakan sekolah yang dipimpinnya ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional RI sebagai sekolah inklusi di Riau. Sekolah inklusi dimana sekolah umum tapi menampung anak anak berkebutuhan khusus. Sebagai sekolah yang menampung anak disabilitas, SMAN 4 Pekanbaru merayakan Hari Disabilitas Internasional dengan berbagai penampilan seni. Salah satunya, nyanyi solo dinyayikan oleh Claudia " Claudia ini salah satu siswa disabilitas juga anak hebat dan luar biasa. Ditengah kekurangan yang mereka miliki, tapi mereka  juga sukses baik dibidang akademik dan non akademik salah satunya Claudia," kata Yan Khoriana disela kegiatan

Perayaan Hari Disabilitas Internasional, kata Yan, baru pertama kali dilakukan oleh sekolah. Kegiatan ini salah satu membangun rasa empati dan dukungan kepada siswa disabilitas  sehingga mereka punya percaya diri." Kita ingin siswa inklusi punya tempat untuk berekspresi dan menguatkan rasa persaudaraan antar siswa. Ini yang kita lakukan di sekolah ," kata Khori. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar