Banjir Landa Rangkasbitung, Ketinggian Air Capai 50 Cm

  • Selasa, 14 Mei 2019 - 00:46:50 WIB | Di Baca : 122 Kali

SeRiau - Hujan yang turun sejak Senin (13/5/2019) siang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Ketinggian banjir bervariasi mulai 20 hingga 50 cm.

Laporan yang dihimpun Kompas.com dari warga, banjir terjadi di wilayah pemukiman padat penduduk. Di antaranya di Kelurahan Cijoro Lebak, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kelurahan Rangkasbitung Barat, hingga Kelurahan Kaduagung Timur, Cibadak.

Di Kelurahan Kaduagung Timur misalnya, banjir menggenangi setidaknya 20 rumah di Kampung Rancasema Pos. Seorang warga, Eni, mengatakan, banjir terjadi lantaran intensitas hujan yang tinggi sejak Senin siang.

Loading...

"Mulai banjir tadi setelah maghrib, ketinggian sekitar 50 cm, tapi sekitar pukul 21.00 WIB sudah mulai surut," kata Eni dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin malam.

Eni mengatakan, ini bukan kali pertama rumahnya terkena banjir. Dalam beberapa bulan ini, setidaknya sudah dua kali banjir hingga selutut orang dewasa.

"Kalau genangan biasa mah sudah sering karena drainasenya enggak bagus, mampet banyak sampah," kata dia.

Selain di Rancasema, banjir juga terjadi di Kampung Salahaur, Cijoro, Lebak. Kampung ini merupakan salah satu wilayah yang paling sering terdampak banjir baik karena intensitas hujan maupun luapan Sungai Ciujung.

"Sekitar 15 rumah yang kebanjiran, termasuk masjid yang juga terdampak genangan," kata Usmaedi, warga Salahaur.

Banjir juga turut menggenangi sejumlah ruas jalan utama di Rangkasbitung. Pantauan kompas.com pada Senin malam, sisa-sisa genangan tampak di Jalan Kodim, Jalan Bypass Soekarno Hatta, dan Jalan Raya Rangkasbitung - Pandeglang di sekitar Terminal Mandala. (**H)


Sumber: KOMPAS.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar