Tak Terbendung, Babel Pertahankan Gelar Juara Umum Cabor Atletik

  • Kamis, 09 November 2023 - 07:00:00 WIB | Di Baca : 273 Kali

SeRiau - BANGKINANG – Kontingen Provinsi Bangka Belitung (Babel) benar-benar tampil perkasa pada ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Tahun 2023 di di Stadion Tuanku Tambusai, Bangkinang. Pada hari keempat perlombaan, Rabu (8/11/2023), Babel memastikan bahwa mereka berhasil mempertahankan gelar juara umum cabor atletik pada pesta olahraga terbesar se-Sumatera.

Hingga hari keempat Babel telah mengumpulkan 24 medali emas, 14 perak dan 8 perunggu. Babel sangat mendominasi pada Porwil kali ini karena dengan peringkat kedua Sumatera Barat saja perolehan medalinya sudah terpaut jauh. Sumbar hanya mampu mengumpulkan  5 medali emas, 10 perak dan 6 perunggu. Posisi ketiga ditempati Sumatera Selatan dengan koleksi 5 emas, 7 perak dan 2 perunggu.

Sementara tuan rumah Riau masih bertengger di posisi keempat dengan koleksi 3 emas, 8 perak dan 8 perunggu. Berturut-turut posisi kelima hingga kedelapan yakni Jambi, Lampung, Kepulauan Riau dan Bengkulu. Bengkulu satu-satunya provinsi yang belum meraih medali emas.

Dari 11 nomor pertandingan yang dilombakan pada hari keempat, Rabu (8/11/2023), Babel mampu mengamankan sebanyak 9 dari 11 medali emas yang diperebutkan. Kesembilan medali emas ini diraih dari Robi Sianturi dari nomor 5.000 meter putra. Disusul Rohimayati dari nomor lompat jauh.

Selanjutnya dari nomor tolak peluru putra yang disumbangkan Ifles. Babel juga tampil baik pada nomor 4x400 meter mixed yang menurunkan Fadel Ramiro, Rama Januarti, Edi Ariansyah dan Deswita Maharani.

Pada nomor lompat jangkit putri kembali Sofura Al Humairoh mampu menyabet medali emas. Begitu juga di nomor 800 meter putri dan 800 meter putra atas nama Marina dan Muhammad Ardiyanto.

Sukses berikutnya dipersembahkan dari nomor 4x400 putri dan 4x400 meter putra. Untuk nomor 4x400 meter putri pelatih Babel menurunkan Deswita Maharani, Rama Januarti, Rohimayati dan Alsan Natua. Sedangkan pada nomor 4x400 meter putra Babel menunrunkan Edi Ariansyah, Agre Prasetyo, Muhammad Sainal dan Fadli Muhammad.

Dua medali emas yang lepas dari tangan Babel adalah lempar lembing putri yang direbut oleh atlet Sumatera Barat Ramadona dan nomor 800 meter putri yang direbut atlet Lampung Nabella Ariantika.

Dengan perolehan ini, Babel telah memastikan sebagai juara umum cabor atletik Porwil XI Sumatera Tahun 2023 karena mengingat perolehan medali emas Negeri Laskar Pelangi tak bakal terkejar lagi oleh provinsi lainnya pada hari terakhir penyelenggaraan lomba atletik, Kamis (9/11/2023). Pada hari terakhir ini hanya akan memperlombakan dua nomor pertandingan yaitu marathon dan jalan cepat jarak 20 kilometer.

Wakil Ketua Pelaksana Pertandingan Cabor Atletik Porwil XI Sumatera 2023 Agustar kepada wartawan usai pelaksanaan lomba pada hari keempat mengatakan, sampai hari keempat penyelenggaraan seluruh perlombaan berjalan lancer dan tak ada kendala berarti. “Kelemahan di sana-sini menurut penilaian orang PB (Pengurus Besar) tidak ada. Tak ada masalah,” ujar Agustar.

Untuk pertandingan hari terakhir, lomba marathon dan jalan cepat jarak 20 kilometer, akan diselenggaran di jalan umum yaitu ruas Jalan Ahmad Yani dan Prof M Yamin SH, Bangkinang. Dengan demikian akan ada pengalihan arus lalu lintas di kedua ruas jalan ini. “Persiapannya ini sudah kita mulai pukul 3.30 subuh,” beber Agustar.(***)





Berita Terkait

Tulis Komentar