Perayaan Idul Adha

837 Hewan Kurban Disembelih di Karimun

  • Jumat, 01 September 2017 - 14:11:15 WIB | Di Baca : 816 Kali

KARIMUN, SeRiau - Sebanyak 837 hewan kurban disembelih pada perayaan Hari Raya Idul Adha yang tersebar di seluruh Masjid dan Musholla se Kabupaten Karimun. Dari jumlah tersebut, 426 ekor diantaranya sapi dan 411 ekor kambing.

Data yang diperoleh dari Masjid Agung Kabupaten Karimun menyebutkan, rincian hewan kurban yang disembelih di setiap Kecamatan antara lain adalah, Kecamatan Karimun 110 sapi dan 50 kambing, Kecamatan Kundur 49 sapi dan 31 kambing, Kecamatan Moro 20 sapi dan 28 kambing, Kecamatan Meral  64 sapi dan 42 kambing, Kecamatan Tebing 68 sapi dan 97 kambing.

Kemudian di Kecamatan Kundur Utara 38 sapi dan 29 kambing, Kecamatan Buru 12 sapi dan 39 kambing, Kecamatan Kundur Barat 28 sapi dan 31 kambing, Kecamatan Durai 2 sapi dan 19 kambing, Kecamatan Meral Barat 20 sapi dan 11 kambing, Kecamatan Ungar 7 sapi dan 21 kambing, terakhir Kecamatan Belat 8 sapi dan 13 kambing.

Loading...

Pengurus Masjid Agung Kabupaten Karimun, Iash Maulana mengatakan, jumlah hewan kurban di Masjid Agung Kabupaten Karimun sebanyak delapan empat sapi dan lima kambing.

"Rencananya penyembelihan baru akan kami laksanakan Sabtu besok (2/9). Setelahnya akan kami bagikan kepada masyarakat di sekitar Masjid Agung," ucap pria yang akarab disapa Aan ini.

Empat ekor sapi itu merupakan hewan kurban dari Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.


Menurut Aan, sebetulnya lebih dari empat ekor sapi yang akan dikurbankan di Masjid Agung Kabupaten Karimun, namun hanya empat ekor yang akan disembelih dan sisanya diserahkan kepada beberapa masjid di Pulau Karimun. Dengan maksud agar terjadi pemerataan dalam pendistribusian daging hewan kurban.


Sementara itu, warga dari Ikatan Keluarga Batak Islam (IKBI) Kabupaten Karimun yang berdomisili di Kampung Baru Kelurahan Tebing Kecamatan Tebing pun menggelar pemotongan hewan kurban, yang dilaksanakan di Masjid Darul Amin RT 03 RW 04.

Pengurus IKBI Kabupaten Karimun, Ustadz Soleh mengatakan, jumlah hewan kurban yang dipotong pada hari raya Idul Adha tahun ini sebanyak tiga ekor sapi, yang kesemuanya dipotong pada Jumat pagi (1/9).

"Alhamdulillah tiap tahun pada hari raya Idul Adha dilokasi pemukiman kami selalu ada hewan kurban yang disembelih. Mudah-mudahan ibadah yang kita laksanakan ini menjadi berkah dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Soleh.(*)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar