PON Papua Butuh Dana Rp4,8 Triliun

  • Senin, 27 Januari 2020 - 09:00:37 WIB | Di Baca : 1073 Kali

SeRiau - Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengklaim kebutuhan dana untuk PON Papua sekitar Rp4,8 triliun.

Klemen menyebutkan saat ini dana tersebut telah tersedia yang bersumber dari APBD Pemprov Papua Rp2 triliun, lalu Rp500 miliar dari Kementerian Olahraga dan Pemuda, serta Rp2,3 triliun menggunakan APBN 2020 yang telah disanggupi oleh Presiden Joko Widodo. 

“Sebelumnya kami sudah rapat dengan Pak Presiden dan respon beliau sangat baik, termasuk dalam membantu dana untuk PON di Papua, agar dapat berjalan dengan baik,” katanya, Senin (27/1). 

Kata Klemen, dalam rapat tersebut Presiden meminta semua pihak, mulai dari menteri hingga kepala dinas di Papua, serta seluruh masyarakat Papua ikut menyukseskan PON. 

“Ini dilakukan agar masyarakat di Papua dapat mengambil manfaat dari PON. Rencananya adakan ada 12 ribu atlet termasuk official yang datang ke Papua untuk PON,” katanya.

Klemen mengajak masyarakat Papua untuk lebih produktif jelang PON. Misalnya saja membuat kerajinan tangan khas hingga kuliner daerah setempat yang dapat dinikmati oleh atlet dan official dari luar Papua. 

“Souvenir apapun khas Papua bisa dibuat dan dijual kepada mereka yang datang ke sejumlah pertandingan PON. Nantinya buah tangan itu dapat dibawa pulang sebanagi oleh-oleh,” jelasnya. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar