Walikota Pekanbaru Ingin PIDBF Jadi Agenda Tahunan

  • Jumat, 14 Juni 2019 - 21:53:01 WIB | Di Baca : 1054 Kali
Walikota Pekanbaru, Firdaus saat berkonsolidasi dengan panitia PIDBF di kediaman Walikota Pekanbaru, Kamis (13/6/2019)

SeRiau - Walikota Pekanbaru, Firdaus ingin iven Pekanbaru Internasional Dragon Boat Festival (PIDBF) yang akan dilaksanakan pada 21 hingga 23 Juni 2019 dikukuhkan sebagai iven tahunan Pekanbaru. 

Hal itu dikatakan langsung Firdaus saat KONI Pekanbaru, bersama Panitia  PIDBF beserta pengurus cabang olahraga yang terlibat dalam pelaksanaan PIDBF tersebut, berkonsolidasi di Kediaman Walikota Pekanbaru. "Iven ini sangat menarik, ada dragon boatnya, ada panjat tebingnya, ada pencak silatnya juga," katanya, Kamis (13/6/2019).

"Kalau ini mengangkat Sungai Siak, bagaimana iven ini diekplorasi lebih dalam lagi, dan ini sangat cocok untuk dikembangkan, baik untuk olahraga maupun dari sisi pariwisata," lanjutnya.

"Seperti dragon boat, agar ada pelestariannya boleh juga dimasukkan boat tradisionalnya. Seperti lomba sampan yang digunakan oleh nelayan-nelayan di Sungai Siak itu," sebutnya.

"Kemudian ada panjat tebing di Sungai Siak, ini sangat menarik sekali karena akan jatuh langsung ke Sungai. Dan bahkan ada dari pihak ke tiga yang ingin menjadi sponsor dalam kejuaraan panjat tebing ini," ungkapnya.

"Saya kira ini sangat menarik, tinggal lagi bagaimana memulainya. Bagaimanapun, kita harus berani memulai, kalau tidak ada yang memulai ini tidak akan jadi," imbaunya.

"Dan saya minta, agar iven ini dapat dikukuhkan sebagai iven tahunan Kota Pekanbaru, namun namanya diganti dengan Festival Sungai Siak," harapnya.

Sementara itu, Anis Murzil selaku Ketua Umum KONI Pekanbaru, mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan oleh panitia, seperti jalur dragon boat untuk kejuaraan nanti sudah dimulai pemasangannya. Kemudian venue panjat tebing yang dibuat non permanen sudah digarap dan dalam waktu dua hingga tiga hari ini sudah selesai.

"Terkait peralatan, untuk dragon boat kita pinjam ke Kampar yang merupakan peralatan eks Porprov 2017 lalu. Karena peralatan di Provinsi tidak memadai lagi," ungkapnya.

"Selain itu, dalam HUT Kota Pekanbaru ini, kita juga mengadakan festival kesenian beladiri, kesenian dari paguyuban-paguyuban yang berkumpul di Pekanbaru. Mereka kita undang memeriahkan HUT Kota Pekanbaru ini," pungkasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar