Sering Merasa Lapar? Anda Mungkin Mengalami Masalah Ini

  • Rabu, 04 Juli 2018 - 04:41:18 WIB | Di Baca : 70 Kali

SeRiau - Lapar adalah sesuatu yang setiap orang bisa temui setiap hari. Tapi ketika anda merasa kelaparan terus-menerus bisa jadi ini adalah sebuah peringatan bagi Anda. Merasa terus lapar adalah sebuah masalah yang jangan kamu abaikan. Dilansir dari laman Xahoi.com, ini penyabab anda mudah merasa lapar.

1. Tubuh Kekurangan Protein

Protein adalah salah satu nutrisi penting tubuh. Ini dapat membantu mengurangi rasa lapar dan tubuh akan makan lebih sedikit jika memiliki cukup protein. Protein dapat meningkatkan produksi hormon yang menghasilkan kenyang dan hormon yang merangsang rasa lapar. Protein memiliki kemampuan untuk mengendalikan hormon-hormon yang berpakaitan dengan rasa lapar. Kekurangan protein ini bisa membuat Anda merasa lapar.

Loading...

2. Stres Berlebihan

Dengan gaya hidup dan pekerjaan saat ini, stres berlebihan dapat dimengerti. Stres tidak hanya memengaruhi kesehatan Anda tetapi juga meningkatkan hormon kortisol, yang menyebabkan nafsu makan dan rasa lapar meningkat. Jadi, jika Anda ingin mengendalikan rasa lapar, Anda perlu mengurangi stres.

3. Dampak Makanan Tertentu

Makanan, minuman juga bisa mempengaruhi nafsu makan. adalah makanan yang cepat saji, junk food, Makanan seperti ini tak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, Makanan seperti ini memang bisa mengenyangkan perut namun durasinya hanya sebentar, setelah anda makan beberapa saat kemudian anda akan mudah merasakan rasa lapar lagi.

4. Minum Banyak Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dalam tubuh Anda dapat membahayakan kesehatan Anda. Minuman tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tetapi juga mempengaruhi otak, menyebabkan Anda terus lapar. Alkohol diketahui menyebabkan kelaparan.

5. Makan dengan cepat

Makan terburu-buru juga sangat buruk bagi sistem pencernaan Anda. Mengunyah makanan perlahan dapat melepaskan hormon untuk melawan rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan. Ketika makan terlalu cepat, makanan tidak dikunyah secara menyeluruh, menyebabkan hormon tidak dilepaskan. Selain itu, bila dimakan terlalu cepat, makanan tidak diolah empurna hasilnya nutrisi diserap dengan baik.

6. Kekurangan Lemak

Banyak orang membatasi makan makanan yang mengandung lemak untuk membuat tubuh tampak langsing. Namun, makanan berlemak juga membuat Anda merasa kenyang. Lemak memperlambat pencernaan makanan, perut membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan. Lemak juga membantu dalam produksi hormon. Karena itu, kekurangan lemak dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lapar.

7. Dehidrasi

2/3 dari tubuh kita adalah air. Air memainkan peran penting dalam kegiatan hidup. Minum air yang cukup untuk sehari membantu tubuh berfungsi dengan baik dan sistem pencernaannya sehat. Selain itu, air memberi Anda perasaan kenyang dan Anda merasa kurang lapar. Jika terjadi dehidrasi, perasaan lapar muncul.

8. Insomnia

Karena gaya hidup dan pekerjaan yang sibuk, banyak yang menderita kurang tidur. Tidur cukup membantu menjaga tubuh tetap sehat. Tidur dapat mengontrol nafsu makan dengan mengatur hormon ghrelin. Ini adalah hormon yang merangsang nafsu makan. Kekurangan waktu tidur, dapat meninggkatkan hormon ini menurun dan menyebabkan kelaparan. (**H)


Sumber: goldokter..com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar