Lakukan Rotasi Ekstrem Lawan Celta, Ini Penjelasan Valverde

  • Rabu, 18 April 2018 - 14:08:25 WIB | Di Baca : 261 Kali

SeRiau - Usai menjalani serentetan laga yang melelahkan dan bakal menghadapi Sevilla di final Copa del Rey akhir pekan ini, Barcelona tampil dengan 'tim keduanya' pada laga jornada ke-33 Liga Spanyol melawan Celta Vigo, Rabu (18/4/2018) dini hari WIB. Bertandang ke Balaidos, Barca pun ditahan imbang Celta 2-2.

Pelatih Barca, Ernesto Valverde, memang melakukan rotasi pemain secara cukup ekstem dini hari tadi. Valverde menempatkan duo megabintang, Lionel Messi dan Luis Suarez di bangku cadangan.

Messi pun baru masuk di menit 60, sementara Suarez bersama nama-nama macam Jordi Alba dan Samuel Umtiti bahkan sama sekali tak dimainkan sang entrenador. Belum lagi Andres Iniesta, Sergio Busquets, Gerard Pique dan Ivan Rakitic yang sama sekali tak dibawa dalam lawatan ke Vigo.

Loading...

Di Balaidos, Ousmane Dembele mencetak gol pertamanya di pentas Liga Spanyol untuk membuka keunggulan Barca di menit 36 memanfaatkan assist Paco Alcacer. Jonny Castro lantas menyamakan skor bagi Celta di menit pamungkas babak pertama.

Usai turun minum, Alcacer yang kali ini memimpin lini serang Barca, mengembalikan keunggulan Blaugrana di menit 64.

Tim tuan rumah lantas tidak down dan terus tampil ngotot di sisa pertandingan. Celta akhirnya memetik buah kerja keras mereka delapan menit jelang bubaran. Iago Aspas membukukan gol ke-20nya di Liga Spanyol musim ini dan membuat Celta mengamankan raihan satu poin dari partai ini.

Barca sendiri harus mengakhiri laga dengan sepuluh pemain setelah Sergi Roberto diganjar kartu merah di menit 71, meski sang pemain serbabisa sejatinya baru masuk lapangan di menit 60 sebagai pemain pengganti.

Usai laga, Valverde pun menjelaskan keputusan dirinya melakukan rotasi secara besar-besaran ini. Eks juru taktik Athletic Bilbao itu menyebut bahwa rotasi ini sengaja dilakukan agar para pilar Barca berada dalam kondisi prima untuk partai puncak Copa del Rey nanti.

"Memang benar bahwa ada perubahan yang cukup signifikan pada line-up. Saya sengaja melakukannya. Ada beberapa pemain yang terus bermain tanpa henti dan saya pikir hal itu (rotasi) cocok buat kami," kata Valverde seperti dilansir Soccerway.

"Melakukan banyak perubahan memang berisiko, tapi di ajang Copa (melawan Celta pada Januari lalu) kami juga melakukan perubahan dan tak ada masalah. Saya pikir kami juga bermain baik di laga tadi, sangat disayangkan kami gagal meraih poin penuh," tuturnya.

"Rotasi ini memang harus dilakukan, semuanya hanya untuk membuat para pemain berada dalam kondisi yang bagus dan prima untuk laga lawan Sevilla nanti. Mari kita lihat apakah kami bisa membuat fans senang pada Sabtu nanti," tukas Valverde.

Meski gagal menang, Barcelona tetap menjaga kesucian rekor tak terkalahkan mereka di Liga Spanyol musim ini, dengan 25 kemenangan dan delapan kali hasil imbang. Blaugrana masih kukuh di puncak klasemen dengan raihan 83 poin dari 33 laga.

Meski demikian, Atletico Madrid di peringkat kedua berpotensi memperkecil jarak mereka dengan Barca menjadi sembilan poin, jika mampu mengalahkan tuan rumah Real Sociedad pada Jumat (20/4/2018) dini hari WIB.


sumber Suara.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar