Manfaat Sehat Daun Sirih Ini Ternyata Hanya Mitos

  • Kamis, 15 Maret 2018 - 16:41:53 WIB | Di Baca : 28148 Kali

 

SeRiau- Siapa yang tak kenal daun sirih? Daun yang telah dikenal khasiatnya secara turun temurun ini, dipercayai mampu atasi berbagai macam penyakit.

Di beberapa daerah, daun sirih dikunyah bersama kapur, tembakau dan pinang yang diyakini dapat menjaga kesehatan gigi. Selain itu, sejak dulu sirih juga digunakan untuk menyumbat hidung saat mimisan. Bagi para remaja, ibu-ibu selalu merekomendasikan basuhan air rebusan sirih untuk menjaga kesehatan organ intimnya.

Begitu banyak manfaat sirih yang kita percayai, namun tahukah Anda jika ternyata banyak informasi seputar daun sirih yang hanya 'mitos' belaka.

Spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, MS, SpGK menyebutkan bahwa banyak informasi seputar pemanfaatan daun sirih sebagai obat, namun mayoritas semua hanya mitos belaka.

"Kenapa masyarakat sangat percaya untuk menggunakan daun sirih sebagai obat itu ada sejarahnya, sekitar 60-75 masehi di Asia Selatan, salah satunya di India, dan kamboja. Dulu manusia mengambil segala sesuatu di sekitar mereka untuk pengobatan, setelah mengambil sirih mereka merasakan kesembuhan. Padahal banyak faktor yang bisa menyebabkan kesembuhan mereka," ujar Ida dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Kamis 15 Maret 2018. Lebih lanjut ia membeberkan beberapa mitos seputar daun sirih.

 

Membuat rahim menjadi kering?

"Minum air rebusan daun sirih bikin rahim kering dan mandul adalah mitos, karena tak ada kaitannya. Selain itu banyak produk yang menggunakan bahan baku daun sirih untuk atasi keputihan juga mitos."

Menurutnya penyebab keputihan bisa multifaktor, bisa karena jamur, faktor stres atau kondisi tubuh. Jadi tak semata-mata dengan daun sirih keputihan bisa hilang.

"Yang ditakutkan jika penggunaannya tidak steril, justru akan berdampak buruk bagi kesehatan organ intim," ujarnya.

Mengatasi mimisan

"Mitos, justru itu sangat berbahaya. Kalau ketika terjadi perdarahan dan disumbat, darahnya akan kembali masuk, justru bisa menyebabkan fatal ke saluran napas. Belum lagi soal kebersihannya," ujarnya.

Dicampur kapur dan tembakau sirih bikin gigi lebih kuat?

 

"Lagi-lagi mitos. Kita bisa temui praktik mengunyah sirih yang dicampur tembakau dan kapur itu di mana saja. Sebuah penelitian di India mengungkap bahwa sirih yang dikunyah memang membuat dampak positif pada gigi, karena sirih mengandung antibakteri dan ada kalsium juga, tapi yang salah justru campuran tembakau, kapur dan pinang itu tadi, karena ditemukan bahwa wanita-wanita di Asia Tenggara banyak yang mengalami kanker mulut karena mengunyah sirih dan 'aksesorisnya' itu tadi.

Meski banyak mitos seputar daun sirih, namun Ida tidak menampik bahwa daun sirih juga memiliki manfaat bila digunakan secara tradisional.

"Daun sirih mengandung vitamin B1, B2 dan C. Polifenolnya juga cukup tinggi sebagai zat antioksidan."

Daun sirih untuk penggunaan topikal bagus untuk obat kumur atau untuk air bilasan mandi, karena ada kandungan fenolik compound yaitu kandungan antibakteri. ( Sumber : Vivanews.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar