Presiden UEFA: Tidak Ada Penggunaan VAR di Liga Champions 2018-2019

  • Selasa, 27 Februari 2018 - 08:11:32 WIB | Di Baca : 294 Kali

SeRiau – Pentas Liga Champions menjadi turnamen antarklub Eropa yang bersaing ketat memperebutkan trofi si Kuping Besar. Tak ayal, Liga Champions selalu menyuguhkan pertandingan menarik dan kejutan dari musim ke musim, termasuk mengenai aturan permainan.

UEFA selaku federasi tertinggi sepakbola Eropa mengadakan kongres dalam membahas berbagai persoalan di Bratislava, Slovakia, pada Senin 26 Februari 2018. Salah satunya adalah pembahasan mengenai penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Berita Rekomendasi12 Hal Yang Harus Dilakukan di New Zealand [PR]Final Liga Champions 2019 Akan Dihelat di Wanda Metropolitano, Presiden Atletico Madrid: Masuk Final Jadi Target KamiRESMI! Stadion Wanda Metropolitano Ditunjuk sebagai Tuan Rumah Final Liga Champions 2018-2019

Loading...

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mengatakan tidak ada penggunaan VAR di Liga Champions 2018-2019. Hal itu disebabkan lantaran UEFA masih mengkaji penerapan teknologi tersebut agar dapat dijalankan dengan maksimal oleh perangkat pertandingan di Eropa.

“Kami tidak akan menerapkan VAR di Liga Champions musim depan (2018-2019). Saya masih melihat banyak kebingungan dengan penerapan aturan tersebut,” ungkap Ceferin, seperti dilansir Football Italia, Selasa (27/2/2018).

Namun, Ceferin mengaku dirinya mendukung penggunaan VAR di Piala Dunia 2018 Rusia. Ia menyebut penerapan teknologi berbasis assistant wasit itu berguna untuk membantu keputusan wasit dalam kondisi krusial, seperti terjadinya proses gol.

“Meski begitu, saya tidak menentang penerapan VAR di Piala Dunia (2018). Hal itu karena keputusan diambil oleh International Football Association Board (organisasi yang bertanggung jawab mengatur 'Laws of the Game'),” jelasnya.

VAR merupakan teknologi yang berguna membantu tugas wasit dalam mengambil keputusan mengenai gol, penalti, kartu merah, dan kesalahan identifikasi. Teknologi tersebut diterapkan pertama kali pada pertandingan uji coba antara Tim Nasional (Timnas) Italia melawan Prancis pada 1 September 2016.

Sejumlah liga besar di Eropa juga sedang menguji coba teknologi VAR di kompetisi mereka. Berbagai pemain dan pelatih menyambut baik penggunaan teknologi berbasis tayangan rekaman video tersebut guna mendapatkan keputusan adil dari wasit di lapangan hijau.

 

 


sumber Okezone




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar