Sering Lupa, Salah Satu Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12

  • Ahad, 18 Februari 2018 - 13:07:53 WIB | Di Baca : 1404 Kali

SeRiau - Seiring bertambah usia, kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 dari makanan menurun. Efek dari kekurangan vitamin B12 dapat membuat Anda merasa kelelahan hingga penglihatan berkurang.

Kelelahan adalah salah satu tanda kekurangan vitamin B12. Itu karena tubuh bergantung pada vitamin untuk membuat sel darah merah yang membawa oksigen ke organ tubuh. Oksigen yang tidak cukup menimbulkan rasa lelah, tak peduli berapa lama tidur Anda.

Selain kelelahan, apabila gejala  berikut ini sering Anda alami, minta dokter untuk melakukan pemeriksaan darah.

1. Otot yang lelah

Otot akan menjadi lunak atau lemah jika mereka tidak mendapatkan cukup oksigen dari sel darah merah. Terlebih rasa lelah terus terjadi setiap hari.

2. Kebingungan atau lupa

Ketika lupa akan suatu hal, Anda mungkin khawatir bahwa itu adalah demensia dini. Tapi, terkadang kekurangan vitamin B12 adalah penyebabnya. Ini dapat diketahui hanya melalui tes darah.

3. Kulit terlihat pucat

Jika kulit kemerahan Anda kini berubah seperti agak kekuningan, B12 yang rendah mungkin penyebabnya. Sel darah merah yang Anda miliki sangat rapuh dan mudah pecah ketika kekurangan B12. Sehingga, ini menyebabkan pelepasan pigmen bilirubin yang memberi kulit warna kuning.

4. Lidah halus dan merah

Sebagian orang dengan defisiensi B12 yang parah kehilangan papila, atau bintik-bintik kecil pada lidah, terutama di sekitar tepi lidah. Penderita juga mengeluhkan rasa terbakar dan nyeri terutama di bagian belakang. Karena papila membantu merasakan makanan atau minuman, banyak dari mereka yang mengalami penurunan berat badan karena makanan tak terasa lagi nikmat.

5. Merasa cemas atau sedih

Setiap hal kecil dapat membuat Anda menangis atau khawatir, bisa jadi tanda kekurangan vitamin B12. Meski belum diketahui pasti kaitannya, tapi kemungkinan ini berkaitan dengan fakta bahwa B12 terlibat dalam sintesis bahan kimia otak, seperti serotonin dan dopamin yang membantu mengatur suasana hati.

6. Mata bermasalah

Dalam kasus yang parah, kurangnya B12 dapat merusak saraf optik atau memasang pembuluh darah di retina yang menyebabkan penglihatan kabur, ganda, peka terhadap cahaya dan bahkan kehilangan penglihatan. Gejala pertama kerusakan retina yang umumnya dirasakan adalah bayangan di mata yang mempengaruhi bidang penglihatan

 

 


sumber Metrotvnews.com





Berita Terkait

Tulis Komentar