Kejadian Luar Biasa Gizi Buruk Masih Mengintai Warga Asmat

  • Rabu, 31 Januari 2018 - 20:23:14 WIB | Di Baca : 316 Kali

 

 

Pekanbaru, SeRiau- Sejumlah warga Kabupaten Asmat, Papua, yang telah menerima pengobatan atas kondisi gizi buruk dan penyakit campak yang mereka derita, dicemaskan akan jatuh sakit lagi setelah kembali ke perkampungannya. Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek menyampaikan, hal itu bisa terjadi jika tidak ada peningkatan cara hidup yang biasa mereka lakukan.

Loading...

"Yang kami pikirkan sekarang, jika mereka kembali, tetapi kalau tidak ada pangan, mereka bisa jatuh (sakit) kembali," ujar Nila di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Januari 2018.


Menurut Nila, pemerintah pusat melakukan antisipasi terhadap hal tersebut dengan menempatkan tenaga kesehatan tambahan di distrik-distrik di mana kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) gizi buruk dan campak terjadi. 


Tenaga kesehatan itu akan secara bergantian bertugas di distrik-distrik lain setiap 10 hari sekali. Selain itu, tenaga kesehatan spesialis juga disiapkan di sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk menjadi rujukan saat tenaga kesehatan di distrik tidak mampu menangani sakit yang diderita warga.

"Hal-hal yang diperlukan seperti inilah yang terus kami perhatikan (pemenuhannya)," ujar Nila.( Sumber : Vivanews.com)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar