Dinas Perpustakaan dan Arsip Gelar MoU dengan Disdik dan Kanmenag

Minat Baca Pelajar Dinilai Menurun

  • Senin, 20 Februari 2017 - 11:22:24 WIB | Di Baca : 600 Kali

KARIMUN, SeRiau - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim mengaku minat baca pelajar di Kabupaten Karimun dinilai menurun, sehingga diperlukan kerjasama antara beberapa SKPD dan FKPD untuk menyiasatinya.


Salah satunya kata Bakri adalah, digelarnya MoU antara Disdik dengan Dinas Perpustakaan dan Kerasipan, beserta Kamenterian Agama (Kanmenag) dalam hal meningkatkan kunjungan dan minat baca siswa di Perpustakaan. Yang ditandai dengan penandatanganan antara Disdik, Perpustakaan dan Arsip serta Kanmenag, dengan disaksikan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim di ruang rapat utama Kantor Bupati, Senin (20/2).


"Secara nasional memang minat baca anak-anak kita berkurang, jadi kita membuat terobosan yang domainnya adalah dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Tujuannya untuk memotivasi sehingga bagaimana meningkatkan minat baca para pelajar. Kalau bisa membaca harus menjadi satu kebutuhan dan kita bentuk sejak dini," kata Bakri.

Loading...


Nantinya, kelanjutannya adalah akan dievaluasi sekolah mana yang jumlah kunjungannya paling banyak dan nantinya akan diberikan reward atau penghargaan.


Disamping itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq beserta wakilnya Anwar Hasyim pun dipastikan bakal melakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali. Sehingga akan diperiksa apakah ada peningkatan kunjungan ke perpustakaan pasca digelarnya MoU.


"Nanti dari tiga instansi ini akan membuat jadwal kunjungan per masing-masing sekolah. Misalnya minggu ini sekolah mana saja yang dijadwalkan. Begitu seterusnya setiap minggunya. Dengan adanya MoU ini mudah-mudahan anak-anak kita makin teratur dalam mengunjungi perpustakaan," kata Bakri.


Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Isnaini mengatakan, selama ini kunjungan ke perpustakaan memang tidak teratur atau sesuka mereka saja tanpa ada kontrol ataupun pendataan dari sekolah maupun dari orang tua.


"Dengan adanya MoU ini nanti akan ada jadwal kunjungan. Sejalan dengan itu secara otomatis para pealjar akan jadi anggota perpustakaan," terang pria yang baru sebulan menjabat di Perpustakaan dan Kerasipan ini.(*)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar