NASA Sukses Luncurkan Misi ke Mars

  • Kamis, 30 Juli 2020 - 19:57:21 WIB | Di Baca : 1462 Kali

SeRiau - Roket United Launch Alliance Atlas V meluncurkan misi Bandan Antariksa AS (NASA) ke Mars dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida, Kamis (30/7) 7.50 waktu setempat. Peluncuran ini sebagai langkah pertama dalam program selama satu dekade untuk mencari tanda-tanda kehidupan di Mars. Misi ini disebut Mars 2020.

Mars 2020 adalah misi wahana penjelajah Mars NASA yang mencakup wahana penjelajah Perseverance dan helikopter nirawak Ingenuity. Ingenuity akan melakukan perjalanan ke Planet Merah dengan perut Rover Perseverance.

Misi akan mengumpulkan mikroba masa lalu dan untuk mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk akhirnya kembali ke Bumi. Rover Perseverance akan mendarat di dalam Kawah Jezero Mars pada 18 Februari 2021. Perseverance menggunakan tujuh instrument sains untuk menandai lingkungan kuno yang berpotensi dihuni.

Loading...

Mars 2020 adalah misi ketiga yang diluncurkan dalam dua pekan terakhir ke Mars. Misi ini menyusul probe yang lebih dulu dikirimkan oleh Uni Emirat Arab dan China. Misi ini adalah misi pertama yang didesain NASA untuk mencari tanda-tanda kehidupan di planet lain.

"Kami bertransformasi,"kata Matt Wallace, wakil manajer proyek di Jet Propulsion Laboratory.

"Untuk pertama kalinya, kami mencari tanda-tanda kehidupan di planet lain. Dan untuk pertama kalinya, kami akan mengumpulkan sampel dari planet lain. Dan ada banyak hal pertama lainnya di sepanjang misi ini," ucap dia, dilansir CBSnews. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar