Cara Merawat Ikan Cupang yang Benar

  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 23:41:44 WIB | Di Baca : 6221 Kali

SeRiau - Ikan cupang atau betta fish kini menjadi ikan hias favorit bagi sebagian orang. Bentuknya yang kecil serta memiliki sirip berwarna-warna menjadi daya tarik.

Namun, memelihara ikan cupang bukan perkara mudah. Perlunya perhatian dan cara merawat ikan cupang yang benar untuk membuat si teman kecil tetap berenang dengan indah dan sehat.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai perawatan ikan cupang, ada beberapa catatan yang perlu diingat.

Pertama, mengutip PetSmart, ikan cupang dapat hidup hingga tiga tahun. Kedua, panjang ikan bisa mencapai 7 sentimeter.

Ketiga, termasuk ikan teritorial dan yang terakhir ikan cupang menghirup udara dari permukaan akuarium.

Cara Merawat Ikan Cupang
1. Memilih pakan yang tepat
Hal terpenting yang perlu diketahui tentang memelihara ikan cupang adalah cara memberinya makan. Ikan cupang termasuk ikan karnivora. Ada beberapa rekomendasi pakan yang bisa diberikan seperti serangga, larva serangga, dan pelet khusus cupang.

Dikutip dari Hartz, pastikan untuk memberi ikan cupang makan dua kali sehari. Selain itu, jangan memberikan terlalu banyak porsi pakan.

2. Memperhatikan volume air
Mengutip Betta Fish, minimum volume air untuk ikan cupang yang sehat adalah 2,5-5 galon. Dengan volume dan ukuran tangki yang besar mempermudah untuk mempertahankan siklus nitrogen dan suhu air.

Banyak orang menganggap ikan cupang dapat hidup dalam akuarium berukuran kecil. Namun, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Di alam liar, cupang hidup di perairan dangkal dengan volume air yang banyak.

3. Cek akuarium
Anda perlu melakukan pengecekan akuarium secara rutin. Dikutip dari Pet Co, Anda perlu memeriksa filter, suhu air, dan peralatan lainnya setiap harinya.

Anda juga harus memeriksa kualitas air minimal seminggu sekali. Lakukan penggantian air 50% untuk akuarium yang kecil atau kurang dari 2 galon seminggu sekali. Sedangkan untuk akuarium yang besar, ganti 10 hingga 25% dari total volume air setiap 2 hingga 4 minggu atau disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Tidak membuat ikan stres
Bagian utama cara merawat ikan cupang yang benar adalah tidak membuatnya stres. Membangun akuarium mirip dengan habitat aslinya merupakan langkah tepat.

Ikan cupang menyukai tempat bersembunyi agar merasa aman, terutama saat tidur. Habitat aslinya adalah bebatuan dan berbagai tanaman air yang bisa menjadi tempatnya bersembunyi.

Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa membangun akuarium dengan tanaman imitasi dengan harga yang lebih murah.

5. Memisahkan Ikan Cupang
Ikan cupang jantan harus dipelihara di akuarium individu atau dipisahkan dengan ikan lainnya. Sedangkan ikan cupang betina dapat dicampur dengan jenis ikan yang lain.

Selain saat musim kawin, pisahkan ikan cupang betina dengan ikan cupang jantan. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar