Menang di El Clasico, Madrid Gusur Barcelona di Puncak La Liga

  • Senin, 02 Maret 2020 - 06:08:44 WIB | Di Baca : 968 Kali

SeRiau - Real Madrid kembali ke puncak klasemen La Liga Spanyol setelah berjaya pada duel el Clasico. Madrid mengalahkan Barcelona 2-0 di Santiago Bernabeu, Senin (2/3) dini hari WIB. Dua gol Madrid datang dari pemain muda Vinicius Junior dan Mariano Diaz.

Tambahan tiga poin membuat Madrid mengumpulkan nilai 56, unggul satu angka dari Barcelona di posisi kedua. Kemenangan ini sekaligus menghentikan rekor buruk Madrid yang tak pernah mampu mengalahkan Barcelona di Santiago Bernabeu sejak 2014.

Madrid kembali mencatatkan kemenangan di La Liga setelah tujuh laga tak mampu menaklukkan Lionel Messi dkk. Ini juga sekaligus kemenangan pertama pelatih Zinedine Zidane atas Barcelona di kandang Madrid. 

Jalannya laga

Peluang pertama pada laga ini diciptakan Los Blancos pada menit ke-17. Vinicius Junior mampu merangsek lewat sisi kanan pertahanan Barca dan melepaskan umpan ke Toni Kroos. Sayangnya, tendangan gelandang asal Jerman itu masih melambung di atas mistar gawang tim tamu.

Pada menit ke-24 giliran Barcelona yang mencapatkan peluang emas. Antoine Griezmann, yang menerima sodoran umpan tarik dari Jordi Alba, sempat melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Namun, upaya Griezmann tersebut hanya berujung tendangan gawang buat Madrid lantaran bola melambung di atas gawang.

Tim tamu kembali mendapatkan kesempatan besar untuk mencetak gol pada menit ke-34 lewat solo run dari Arthur. Namun, tendangan gelandang asal Brasil itu masih bisa dimentahkan kiper Madrid, Thibaut Courtois. Peluang terbaik Barcelona hadir saat Lionel Messi tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang asal Belgia tersebut pada menit ke-39. Tapi Courtois lagi-lagi mampu menepis bola.

Memasuki babak kedua, Los Blancos langsung menggebrak. Kiper Blaugrana Ter Stegen, bahkan harus susah payah menepis tendangan melengkung Isco pada menit ke-56. Gawang Barcelona pun nyaris kebobolan lewat sundulan Isco pada menit ke-60 setelah Ter Stegen gagal menghalau bola. Beruntung, Gerard Pique sudah berdiri di belakang Ter Stegen dan bisa menahan laju bola sebelum melewati garis gawang.

Hampir setengah jam babak kedua berjalan, Madrid terus membombardir pertahanan Barcelona. Semua upaya Madrid ini akhirnya membuahkan hasil positif. Los Blancos mampu memecahkan kebuntuan pada menit ke-71 lewat torehan gol Vinicius Junior

Setelah menerima operan dari Kroos, winger berusia 19 tahun itu merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan dari sisi kanan pertahanan Barca. Bola akhirnya masuk ke gawang setelah sempat berubah arah ke tiang dekat lantaran mengenai kaki Pique.

Pelatih Madrid Zinedine Zidane berupaya untuk menjaga keunggulan timnya dengan memasukan Luka Modric untuk menggantikan Isco. Sementara pelatih Barcelona Quique Setien memasukkan Ivan Rakitic untuk menyegarkan lini tengah timnya. Tidak hanya itu, Setien juga menarik Griezmann digantikan Ansu Fati. Sebelumnya, Setien sudah memasukkan Martin Braithwaite pada menit ke-69 saat skor masih 0-0 menggantikan Arturo Vidal.

Namun, alih-alih mampu mencetak gol. Gawang Barcelona justru kembali kebobolan, tepatnya pada menit ketiga injury time. Mariano Diaz, yang masuk menggantikan Karim Benzema, berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Ia berkelit dari sisi kiri pertahanan Barcelona dan melakukan solo run sebelum menaklukkan Ter Stegen dari jarak dekat. Gol penyerang asal Dominika itu pun sekaligus memastikan kemenangan Los Blancos atas Blaugrana serta menutup laga El Clasico edisi kedua pada musim ini, sekalisgu memutus hasil buruk Madrid saat melawan Barcelona. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID





Berita Terkait

Tulis Komentar