Pemerintah Bakal Berikan Rp500 Ribu kepada Korban Banjir

  • Senin, 06 Januari 2020 - 22:29:05 WIB | Di Baca : 51 Kali

SeRiau - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya tengah menyiapkan bantuan dana untuk para korban banjir di wilayah Jabodetabek. Uang kompensasi yang akan diberikan berkisar Rp500 ribu untuk setiap korban.

Akan tetapi, Muhadjir belum mau merinci kapan dan bagaimana pemberian bantuan dana diberikan. Apakah diberikan per kepala keluarga atau per orang yang terdampak banjir.

"Dari pemerintah memberikan ganti semacam ganti manfaat, kalau enggak salah sekitar Rp500 ribu untuk mereka yang terdampak nanti," Muhadjir di Gedung Kementerian PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (6/1).

Loading...

Berkenaan dengan rencana pemberian bantuan dana tersebut, Muhadjir lantas meminta korban banjir tidak lagi menghuni posko pengungsian. Lebih baik jika tinggal bersama keluarga yang kediamannya tidak terkena banjir.

Menurutnya, bantuan dana dari pemerintah nanti bisa membantu masyarakat terdampak banjir sehingga tidak perlu menghuni pengungsian. Selain itu, Muhadjir mengatakan BNPB juga menyarankan hal serupa, yakni lebih korban tinggal bersama keluarga yang tidak terdampak banjir.

"Mereka sebaiknya jangan berada di pengungsian, tapi gabunglah dengan saudara-saudaranya yang tidak terdampak (banjir)," tuturnya.

Sejauh ini, Muhadjir menyebut telah memberikan sejumlah bantuan kepada para korban banjir itu. Dia juga memastikan bahwa pemerintah tak hanya menyelesaikan persoalan banjir yang menerjang wilayah Jabodetabek, tetapi semua wilayah yang terdampak.

Muhadjir sendiri mengaku telah menyambangi beberapa wilayah yang memang terdampak cukup parah sejak 1 Januari lalu. Dalam setiap kunjungannya, dia memastikan bahwa semua korban telah mendapat bantuan baik berupa pakaian, makanan, hingga air bersih.

"Karena itu saya mohon untuk tidak diterjemahkan oleh bahwa pemerintah hanya fokus ke wilayah Jabodetabek tapi kita juga di luar Jabodetabek juga menjadi perhatian kita," kata dia.

Kementerian Sosial juga sudah menyatakan bakal memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena banjir. Bantuan diberikan kepada masyarakat di 3 provinsi, yaitu Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Total dana yang dikucurkan mencapai Rp4 miliar. Bantuan sebesar Rp1,9 miliar diberikan kepada DKI Jakarta, Jawa Barat Rp1,5 miliar, dan Rp720 juta untuk Banten.

Bantuan itu dimanifestasikan dalam bentuk paket makanan, tenda, kebutuhan rumah tangga, selimut dan pakaian. Bantuan diberikan secara bertahap.

Bagi korban meninggal dunia, ahli waris akan diberikan Rp15 juta.

"Semua ahli waris korban akan mendapatkan santunan sebesar Rp 15 juta," kata Menteri Sosial Juliari P Batubara melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/2). (**H)


Sumber: CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar