Massa Bima Sakti Akhirnya Terungkap, Setara 890 Miliar Matahari

  • Sabtu, 14 Desember 2019 - 19:23:56 WIB | Di Baca : 62 Kali

SeRiau - Semua orang tahu bahwa galaksi berukuran sangat-sangat besar. Namun, seberapa besarkah galaksi kita sebenarnya?

Sebuah laporan terbaru yang belum dipublikasikan dalam jurnal mengungkapkan bahwa galaksi kita memiliki massa kira-kira 1,8 tredesiliun kilogram.

Bagi Anda yang bingung apa itu tredesiliun, itu adalah 1 dengan 42 nol di belakangnya atau 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.

Loading...

Sebagai perbandingan, massa 1,8 tredesiliun kilogram setara dengan 890 miliar Matahari, 296 kuadriliun Bumi atau 6 miliar miliar miliar gajah.

Para ahli menemukan angka tersebut setelah menganalisis dua kompilasi data kunci untuk mengungkap cara gas, bintang dan materi lain bergerak di Bima Sakti.

Dari data tersebut, mereka mendapatkan kurva rotasi yang mengungkapkan seberapa berat galaksi kita.

Salah satu penulis studi dan astrofisikawan di Imperial College London, Fabio Iocco menjelaskan bahwa galaksi kita berputar tetapi tidak seragam.

Obyek-obyek yang berada pada jarak berbeda dari pusat galaksi mengitari pusat tersebut dengan kecepatan yang berbeda.

Hal ini berhubungan dengan kekuatan gravitasi galaksi yang berbeda-beda pada setiap poinnya.

"Jika Anda menghitungnya pada jarak yang berbeda-beda, dari pusat sampai ke yang paling jauh, Anda akan mendapat estimasi massa yang ada dalam jarak yang terus bertambah," kata Iocco.

Dia melanjutkan, jadi Anda tidak hanya bisa menemukan massa totalnya, tetapi juga dristribusi massanya.

Menariknya, para ahli tidak hanya mengalkulasikan massa total galaksi beserta massa gas dan objek-objek yang kasat mata.

Menggunakan metode yang sama, para ahli juga bisa menemukan massa materi gelap yang tidak terlihat tetapi memiliki pengaruh gravitasional.

Rupanya, mayoritas massa galaksi kita terkunci di dalam lingkupan materi gelap yang tak terlihat.

Massa materi gelap ini setara dengan 830 miliar Matahari atau mencapai 93 persen total massa galaksi. (**H)


Sumber: KOMPAS.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar