Junaidi Auly: Sri Mulyani Jangan Abaikan Agenda Penguatan Fundamental Ekonomi

  • Kamis, 05 Desember 2019 - 18:53:12 WIB | Di Baca : 174 Kali

SeRiau - Pada prinsipnya ketidakpastian global memang sulit untuk diprediksi. Untuk itu, memang dibutuhkan kesigapan dalam mengantisipasi ketidakpastian tersebut.

“Jadi kalau dibilang susah diprediksi ya memang namanya ketidakpastian,” ujar anggota Komisi XI DPR RI A Junaidi Auly kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Kamis (5/12).

Pernyataan politisi PKS itu menanggapi pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mendapat penghargaan menteri terbaik dari salah satu media online. Dalam sambutan itu, Sri Mulyani mengurai mengenai ketidakpastian global yang kini mulai sulit diprediksi.

Loading...

Bagi Junaidi, hal terpenting dari menyikapi dinamika global adalah dengan menyiapkan fundamental ekonomi dalam negeri.

Dia ingin Sri Mulyani fokus pada penguatan tersebut, sehingga gelombang ekonomi dunia yang serba tidak pasti tidak terlalu berdampak pada Indonesia.

“Menyikapi yang sifatnya temporer, untuk jangka pendek memang penting. Tetapi agenda penguatan fundemental kita tidak boleh abai,” tegasnya.

Pasalnya, sambung Junaidi, ekonomi Indonesia tidak bisa terus menerus bergantung pada ekonomi global. Dia kemudian mencontohkan Amerika Serikat dan China yang punya fundamental kuat, sehingga tidak pusing saat kondisi global bergejolak.

Agenda memperkuat fundamental harus jadi prioritas tim ekonomi Jokowi. Misalnya dengan memperkuat kurs rupiah, memastikan perdagangan positif, hingga mengurangi utang. Apalagi, utang yang memiliki bunga tinggi.

“Intinya, fundamental ekonomi harus jadi prioritas utama,” demikian Junaidi. (**H)


Sumber: rmol.id




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar