Koalisi Seni Nilai Draf RUU Permusikan Belum Matang

  • Senin, 04 Februari 2019 - 19:27:58 WIB | Di Baca : 1167 Kali

SeRiau - Koalisi Seni mendampingi musisi dalam Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan. Mereka menegaskan bahwa pihaknya berada di belakang seniman, dalam hal ini musisi. 

Peneliti dari Koalisi Seni, Hafez Gumay, berpendapat draf RUU Permusikan belum matang dan belum bisa memayungi kebutuhan para musisi.

Sehingga, apabila DPR masih ingin melanjutkan proses penggarapan RUU Permusikan tersebut, Hafez meminta supaya para anggota DPR mengkaji ulang hal-hal apa saja yang ada di dalamnya. 

"RUU Permusikan ini drafnya masih sangat tidak matang, kemudian ada beberapa pasal yang justru sangat bertolak belakang dengan UU yang sudah ada. Sementara persoalan yang sudah ada dalam UU musik sendiri belum dapat dijawab dengan baik di draf yang ada sekarang," kata Hafez Gumay ditemui di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (4/2/2019).

"Jadi sebenarnya jika DPR RI masih ingin melanjutkan pembahasan, mereka benar-benar harus melakukan kajian dari awal karena draf yang ada sekarang belum bisa menjawab permasalahan," sambungnya. 

Bila tidak ada perbaikan dari draf RUU Permusikan yang beredar sekarang, Koalisi Seni pun tidak mendukung bila aturan tersebut disahkan. 

"Kalau kita bercermin pada naskah yang ada sekarang sih tidak ya, tapi ini merupakan kesempatan kita untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang mungkin ada, itu bisa dijadikan kesempatan, mumpung RUU sudah ada di Prolegnas. Tapi ya kalau drafnya seperti sekarang, mau tidak mau kita memang harus tolak," terangnya. (**H)


Sumber: detikHot





Berita Terkait

Tulis Komentar