Mendagri: Tak Ada Alasan Pemilu Ditunda

  • Selasa, 29 Januari 2019 - 20:24:33 WIB | Di Baca : 1071 Kali

SeRiau - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menghadiri rapat pimpinan bersama TNI-Polri di Gedung STIK-PTIK, Jakarta Selatan, Selasa, 29 Januari 2019.

Tjahjo tiba di gedung STIK-PTIK bersama dengan Ketua KPU RI Arief Budiman. Tak berselang lama, Ketua Bawaslu RI Abhan juga mendatangi rapim TNI-Polri.

Dalam Pemilu 2019, Tjahjo mengatakan, pemerintah memiliki peran untuk membantu dan mendukung penyelenggaraan agar sukses. Bahkan, menurut dia, tak ada alasan pemilu ditunda dengan alasan apapun kecuali terjadi bencana.

“Tujuan utamanya mem-back up penuh KPU, yang punya pasukan sampai tingkat TPS supaya berjalan dengan baik karena tidak ada alasan apapun sampai pemilu itu ditunda, kecuali ada bencana alam di satu TPS, satu desa atau kecamatan,” kata Tjahjo.

Pemerintah daerah, lanjut Tjahjo, akan mem-back up penuh KPU daerah untuk mendukung pelaksanaan pesta demokrasi agar berjalan dengan baik. Tjahjo juga menekankan peran TNI-Polri untuk mengamankan dan membantu KPU menghadirkan Pemilu 2019 berjalan aman.

Terpisah, Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan kehadirannya di rapim TNI-Polri untuk menjelaskan tahapan pemilu yang sedang berlangsung. "Saya hadir di sini untuk menyampaikan perkembangan yang ter-update tentang tahapan Pemilu. Saya pikir undang-undang sudah menyebutkan bahwa KPU diminta berkoordinasi dengan Kepolisian dan TNI,” kata Arief.

Rapat Pimpinan TNI-Polri digelar bersama oleh kedua instansi tersebut dan berlangsung secara tertutup. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pun sudah membuka rapim ini pada pagi tadi. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar