3883 Hektare Lahan di Pekanbaru Belum Termanfaatkan

  • Senin, 14 Januari 2019 - 19:10:36 WIB | Di Baca : 125 Kali

SeRiau - Data yang diperoleh, saat ini jumlah luas lahan bukan sawah di Kota Pekanbaru 63.226 hektare. Sedangkan lahan yang belum termanfaatkan di Kota Pekanbaru seluas 3383,7 hektare. Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Pertanian (Distan) Kota Pekanbaru, drh Firdaus, Senin (14/1). 

Firdaus merincikan luas lahan belum termanfaatkan diantaranya 787,7 hektare di Kecamatan Rumbai Pesisir, 135 hektare di Tampan, 37 hektare di Kecamatan Bukit Raya. Sedangkan di Kecamatan Tenayan Raya 1122 hektare dan 1302 hektare di Kecamatan  Rumbai.

Dijelaskan Firdaus, pihaknya terus berupaya dalam memanfaatkan lahan kosong yang ada di Kota Pekanbaru untuk dikelola oleh petani. Sebab pada musim kemarau panjang lahan tidur kerap menjadi permasalahan lahan kebakaran.

Loading...

''Kami berusaha untuk melakukan perjanjian dengan para pemilik lahan kosong ini untuk lahannya sebagai lahan pinjam pakai dari pemilik lahan ke Petani kita. Hal ini dilakukan untuk menggesa program pemerintah dalam menyukseskan swasembada Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai),'' ujar Firdaus.

Namun, diterangkan Firdaus, banyak kendala yang ditemui di lapangan saat ia bertemu pemilik lahan dalam program pinjam pakai tersebut. "Banyak pemilik lahan disewakan lahannya. Namun petani kami belum sanggup untuk menyewanya. Karena, mereka ingin pinjam dulu setahun baru disewa,'' sebut Firdaus.

Lebih jauh diuraikan Firdaus, Kota Pekanbaru masih sedikit lahan yang baru termanfaatkan sebagai lahan agribisnis. ''Untuk tahun ini ada 10 hektar luas lahan yang akan dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan dan pertanian. Makanya kita berharap kedepannya pemilik lahan bisa meminjamkan lahannya untuk petani, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memajukan ekonomi masyarakat,'' harap Firdaus. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar