Pada Pria, Peningkatan Suhu Bumi Ancam Kesuburan Sperma

  • Senin, 19 November 2018 - 08:57:15 WIB | Di Baca : 192 Kali

SeRiau - Kaum pria mungkin tak lagi bisa menghindari panas dengan pakaian serba minim. Riset yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications menyatakan suhu yang terlalu panas bisa menurunkan kesuburan pria lintas generasi.

Dikutip dari Straits Times, riset dilakukan terhadap kumbang tepung merah jantan yang terpapar gelombang panas. Paparan pertama menyebabkan jumlah keturunan kurang 50 persen dari perkiraan. Paparan kedua 10 hari berikutnya menyebabkan kumbang steril dan menurunkan angka harapan hidup.

"Hal serupa bisa terjadi pada manusia, karena kesuburan pria sangat peka terhadap panas. Namun efek panas pada lintas generasi ini sangat mengejutkan. Pendek kata, kita yang memanaskan bumi dan menghentikan sendiri proses reproduksi," kata ahli biologi Matt Gage dari University of East Anglia pada Thomson Reuters Foundation.

Loading...

Hasil riset serupa sempat dimuat di majalah Science pada 2017. Studi terhadap populasi serangga terbang di Jerman turun 75 persen dalam 30 tahun. Gage yakin penurunan ini ada hubungannya dengan peningkatan suhu bumi dalam 30 tahun. Hal ini mengancam keanekaragaman makhluk hidup seiring suhu yang makin panas.

Kendati riset menyatakan risiko tersebut, Gage yakin manusia mampu menyesuaikan diri. Proses adaptasi inilah yang bisa menekan risiko penurunan kesuburan pada pria. Gage juga menyarankan pria yang merencanakan punya keturunan tak merisaukan risiko penurunan kesuburan.*#

Sumber: detikhealth




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar