LSI Denny JA Sebut Pengaruh Rizieq Berkurang, FPI Tak Percaya

  • Rabu, 14 November 2018 - 22:43:54 WIB | Di Baca : 58 Kali

SeRiau - Ada 5 sosok ulama dalam survei LSI Denny JA yang dianggap paling berpengaruh di Pemilu 2019. Yaitu Abdul Somad, Yusuf Mansur, Arifin Ilham, Aa Gym dan Rizieq Syihab. Di antara mereka, LSI menyoroti Rizieq yang dinilai pengaruhnya berkurang sejak tinggal di Arab Saudi.

"Sejak ke Arab Saudi dalam waktu yang lama dan dicitrakan berkasus hukum, pengaruh Habib Rizieq Shihab berkurang signifikan," ucap peneliti LSI Ikramah Masloman dalam paparan survei di Jakarta, Rabu (14/11).

LSI mendapatkan kesimpulan itu dari survei dengan 1.200 responden yang dipilih secara multistage random sampling melalui wawancara tatap muka. Margin of error +/- 2,8 persen. Survei digelar bulan lalu pada 10-19 Oktober 2018.

Loading...

Dalam survei itu, LSI membandingkan data survei pada Desember 2016 dengan Oktober 2018 atas 3 kriteria (1) tingkat pengenalan, (2) tingkat kesukaan, dan (3) mengikuti imbauan.

Hasilnya, tingkat kesukaan dan mengikuti imbauan berkurang, sementara tingkat pengenalan bertambah. Datanya sebagai berikut:

Merespons data survei sebulan lalu yang baru dirilis hari ini tersebut, Dewan Pembina Majelis Syuro DPP FPI Muchsin Alatas, tak percaya. Menurutnya, survei itu pesanan dan sengaja ingin menjatuhkan Rizieq.

"Sekali lagi survei enggap pernah benar, sangat subjektif. Saya bisa nilai survei itu subjektif," ucap Muchsin Alatas saat dihubungi.

Menurutnya, masyarakat yang bisa menilai secara objektif tentang pengaruh Rizieq, tanpa survei. "Surve itu enggak ada nilainya, dan itu semakin membuktikan enggak ada kualitasnya," imbuh Muchsin. (**H)


Sumber: kumparanNEWS




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar