Kavanaugh Jadi Hakim Agung AS, Trump: Sangat Menarik!

  • Senin, 08 Oktober 2018 - 06:56:14 WIB | Di Baca : 172 Kali

SeRiau - Sermtelah selama beberapa pekan publik Amerika Serikat disuguhi perdebatan soal dugaan penyerangan seksual yang dituduhkan terhadap Brett Kavanaugh, pria tersebut resmi menjadi hakim agung AS.

Pengambilan sumpah Kavanaugh sebagai hakim agung AS berlangsung di Mahkamah Agung AS pada Sabtu (6/10) malam waktu setempat.

Ketua MA, John Roberts, melakoni pengambilan sumpah konstitusi, sedangkan hakim Anthony Kennedy—yang baru pensiun dan digantikan Kavanaugh—melangsungkan pengambilan sumpah yudisial.

Loading...

Acara tersebut berjalan walau mendapat beragam tentangan dari sejumlah demonstran di luar gedung MA.

Selama acara pengambilan sumpah, mereka meneriakkan kata 'memalukan' sedemikian keras sehingga Wakil Presiden, Mike Pence, memerintahkan aparat menertibkan.

Bahkan, beberapa orang berlari dan menggedor pintu gedung dan ada pula yang memanjat patung keadilan di dekat lokasi unjuk rasa.

Sebelumnya, Senat AS menyepakati pengangkatan Kavanaugh sebagai hakim agung melalui pemungutan suara dengan hasil 50 berbanding 48. Hasil itu tercapai seiring dengan hasil investigasi Biro Investigasi Federal yang diserahkan ke Senat namun tidak dibuka ke publik.

Apa Komentar Trump?

Pengangkatan Kavanaugh sebagai hakim agung AS mendapat tanggapan dari Trump melalui Twitter.

"Saya memberikan salut dan ucapan selamat kepada Senat AS yang sudah menyetujui kandidat hebat kita, Hakim Brett Kavanaugh, untuk menjadi hakim Mahkamah Agung Amerika Serikat. Hari ini saya akan menandatangani surat pengangkatan dan dia akan resmi diambil sumpahnya. Sangat menarik!"

Kepada wartawan di pesawat kepresidenan AS, Trump mengatakan Kavanaugh mampu bertahan dari "serangan mengerikan kaum Demokrat" dan para perempuan "berang" atas apa yang terjadi pada Kavanaugh.

Trump juga mengemukakan bahwa dirinya "100% yakin" perempuan yang menuduh Kavanaugh melakukan serangan seksual, Christine Blasey Ford, salah melayangkan tuduhan.

Mengapa Pengangkatan Kavanaugh Penting?

Pandangan Kavanaugh yang konservatif akan memperkuat kubu konservatif di Mahkamah Agung—yang terdiri dari sembilan hakim.

Ha ini dinilai akan berpengaruh pada putusan-putusan menentukan berbagai isu kontroversial, seperti aborsi dan pengendalian hak menyandang senjata api.

Berbagai pengamat kini akan memantau seberapa besar urusan Kavanaugh akan mempengaruhi elektabilitas Partai Republik pada pemilu tengah masa, November mendatang. (**H)


Sumber: Okezone




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar