Jokowi soal Kabar Penjarahan: Jangan Mempermasalahkan Hal Kecil

  • Senin, 01 Oktober 2018 - 19:30:35 WIB | Di Baca : 1377 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo meminta kepada masyarakat agar tidak mempermasalahkan terkait kabar ada warga korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah yang menjarah. Dia menjelaskan saat meninjau pada Minggu (30/9) kondisi toko tutup dan tidak melihat terdapat fenomena tersebut.

"Saya tidak melihat di lapangan seperti itu. Karena toko-toko tutup. Atau mungkin hanya satu, dua peristiwa," kata Jokowi memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/10).

Jokowi menjelaskan saat meninjau hanya melihat masyarakat saling membantu untuk memberikan bantuan.

"Dalam keadaan darurat seperti ini jangan mempersalahkan hal-hal yang kecil yang sebetulnya tidak menjadi masalah dasar," kata Jokowi.

Diketahui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mengatakan, kabar ada warga korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah menjarah, sepengetahuannya tidak benar.

"Bandara kondisi runtuh, tidak ada yang tunggu, listrik mati, halaman bandara buat pengungsi. Ada toko di bandara gang rusak akibat gempa. Makanan, minuman berhamburan, kemudian diambil masyarakat. Jadi bukan penjarahan. Saya melihat kejadian itu. Halaman bandara depan kosong, tidak ada yang jaga. Demikian yang saya tahu," ucap Tjahjo saat dikonfirmasi, Minggu (30/9). (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar