Asian Games 2018

Korea Bersatu Raih Emas Pertama Mereka Dalam Sejarah

  • Selasa, 28 Agustus 2018 - 00:19:08 WIB | Di Baca : 1437 Kali

SeRiau - Tim perahu naga putri Korea Bersatu, yang terdiri atlet Korea Selatan dan Korea Utara, untuk pertama kalinya dalam sejarah meraih medali emas di Asian Games 2018 di Jakarta.

Pada nomor 500 meter, tim perahu naga Korea Bersatu - yang terdiri 16 atlet - berhasil meraih medali emas dengan waktu dua menit 24.788 detik, mengalahkan pesaing terberatnya, Cina, Minggu (26/08).

Dalam Asian Games 2018, gabungan atlet Korsel-Korut juga tampil di cabang olah raga dayung dan basket.

Awal tahun ini, atlet Korea Bersatu tampil bersama di ajang Olimpiade musim dingin di Pyeongchang, untuk cabang olah raga hoki es.

Di Asian Games Jakarta Palembang ini, orea Bersatu tampil sebagai kontingen tersendiri, selain Korea Selatan (Republik Korea) dan Korea Utara (Republik Rakyat Demokratik Korea).

Penampilan atlet Korsel-Korut dengan bendera Korea Bersatu ini terjadi di tengah semakin membaiknya hubungan politik kedua negara.

Alih-alih lagu kebangsaan, lagu rakyat Korea yang populer - disebut Arirang - dimainkan setelah pemberian medali emas.

Perahu naga adalah bentuk perahu tradisional yang diyakini berasal dari 2.000 tahun silam di Cina. Para pengayuh perahu berlomba dengan irama pukulan oleh salah-seorang atletnya yang duduk di depan perahu.

Pada hari Sabtu, tim perempuan Korea Bersatu juga meraih medali perunggu untuk nomor 200 meret di cabang olah raga olahraga yang sama.

Dalam upacara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta, para atlet Korea Utara dan Selatan juga tampil bersama dalam parade dengan nama dan bendera Korea Bersatu.

Ini adalah kelima kalinya dalam sejarah, para atlet Korea Utara dan Korea Selatan membentuk tim gabungan untuk berlaga di ajang olahraga internasional.

Sebelumnya, mereka tampil bersama di ajang kejuaraan olah raga tertentu yaitu pada 1991.

Tim Korea Bersatu sebelumnya meraih medali emas untuk kejuaraan tenis meja pada 1991 dan 2018.

Tetapi medali emas yang diraih tim perahu naga putri Korea Bersatu pada Minggu (27/08) merupakan yang pertama dalam kejuaraan olah raga campuran dalam skala besar. (**H)


Sumber: tribunnews.com





Berita Terkait

Tulis Komentar