Cerita Seru Pertemuan Bersejarah Trump dan Kim Jong-Un

  • Selasa, 12 Juni 2018 - 23:03:13 WIB | Di Baca : 65 Kali

SeRiau - Pertemuan bersejarah Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korut Kim Jong-Un di Singapura telah selesai digelar. Ada sejumlah cerita dan momen seru yang 'mewarnai' pertemuan keduanya. Apa saja?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (12/6/2018), pertemuan berlangsung dari Selasa pagi hingga selesai makan siang. Di media sosial, netizen menyerukan perdamaian melalui tagar #TrumpKimSummit. 

Pertemuan berlangsung di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura. Saat pertama bertemu, Trump dan Kim saling berjabat tangan. Keduanya kemudian berdiri bersisian selama beberapa menit, memberikan kesempatan pada media untuk mengambil gambar mereka. 

Loading...

Trump dan Kim saling menunjukkan bahasa tubuh atau gesture hangat saat bertemu untuk pertama kalinya. Trump menepuk punggung Kim Jong-Un dan sebaliknya, Kim Jong-Un sempat menyentuh siku Trump.

Usai sesi foto itu, Kim sempat berbicara kepada Trump dalam bahasa Inggris. Kim mengatakan 'nice to meet you'. 

"Nice to meet you, Mr. President!" ucap Kim Jong-Un sesaat usai duduk bersebelahan dengan Trump.

"Saya merasa sangat baik. Kita akan menjalani diskusi hebat dan akan sukses dengan luar biasa," balas Trump di kesempatan yang sama. 

Selanjutnya dilakukan pertemuan one-on-one kira-kira 41 menit di mana Trump dan Kim hanya ditemani penerjemah masing-masing. Usai pertemuan itu, Trump sempat mengacungkan jempolnya saat Kim menyebut keduanya 'mengatasi semua hambatan' untuk bisa bertemu di Singapura. 

"Saya pikir seluruh dunia menyaksikan momen ini. Banyak orang di dunia akan berpikir (pertemuan) ini sebagai adegan dari sebuah fantasi...dari sebuah film fiksi ilmiah," ucap Kim kepada Trump melalui seorang penerjemah. 

Usai pertemuan one-on-one, berikutnya adalah pertemuan bilateral sebelum kemudian makan siang bersama. Dalam pertemuan bilateral, Trump didampingi Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton dan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly, serta seorang penerjemah.

Saat makan siang, menu yang disajikan merupakan perpaduan dari cita rasa Barat dan Asia. Trump sempat melempar canda saat mempersilakan Kim duduk. Trump meminta para fotografer untuk mengambil foto yang membuat dirinya dan Kim Jong-Un tampak 'bagus dan ganteng dan kurus'.

Selesai makan siang, Trump memamerkan limousine kepresidenan yang bernama 'The Beast' kepada Kim Jong-Un. Momen ini terjadi saat Trump dan Kim Jong-Un berjalan bersisian menyusuri taman Hotel Capella.

Setelah itu adalah agenda terakhir dan bisa disebut agenda puncak, yakni penandatanganan 'dokumen penting' oleh Trump dan Kim. Isi dokumen ini awalnya tidak diungkap ke publik, namun kemudian terungkap sebagai pernyataan bersama yang disepakati Trump dan Kim.

Dalam pernyataan itu, Trump berkomitmen memberikan jaminan keamanan bagi Korut, sedangkan Kim mempertegas komitmen kuat dalam menuntaskan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Saat konferensi pers usai pertemuan dengan Kim, Trump mengungkapkan bahwa dirinya sempat menunjukkan sebuah video yang menampilkan Korut di masa depan jika memilih jalur perdamaian. Kim Jong-Un dan delegasi Korut disebut terpesona dengan video itu. (**H)


Sumber: detikNews




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar