Studi Ungkap Hubungan Seks Aktif dan Efeknya terhadap Ingatan

  • Rabu, 06 Juni 2018 - 04:16:19 WIB | Di Baca : 86 Kali

SeRiau - Sebuah studi terbaru dari perguruan tinggi Australia, University of Wollongong, mengungkapkan adanya hubungan antara aktivitas seksual aktif dengan peningkatan daya ingat pada pria-wanita di atas 50 tahun.

Temuan ini diperoleh saat melibatkan sebanyak 6.016 partisipan berusia di atas 50 tahun yang dilakukan baru-baru ini. Hasilnya diketahui, mereka yang aktif berhubungan seksual ternyata memiliki ingatan yang lebih baik. 

Studi yang dipimpin Mark Allen tersebut dilakukan berdasarkan data dari English Longitudinal Study of Aging dan dipublikasikan di jurnal Archives of Sexual Behaviour. 

Loading...

Para partisipan itu ditanyai berbagai aspek kehidupan seperti kesehatan, pola makan dan aktivitas seksual. Mereka juga mengikuti tes ingatan secara episodik pada 2012 dan 2014. Allen lalu membandingkan hasil tes memori itu.

Hasilnya, Allen menyimpulkan bahwa paruh baya itu mulai menunjukkan tanda-tanda kehilangan memori. Hanya saja, mereka yang gemar berhubungan seksual secara intim dapat melakukan tes ingatan yang lebih baik. Ini menunjukkan seringnya aktivitas seksual memili efek positif pada ingatan dalam jangka pendek.

"Temuan ini dibangun di atas penelitian eksperimental yang telah menemukan aktivitas seksual meningkatkan memori episodik pada hewan bukan manusia," kesimpulan dari studi itu, dikutip dari Independent.

Di sisi lain, Allen menyatakan studi ini masih belum dapat membuktikan hubungan frekuensi seks dengan kekuatan ingatan dalam jangka panjang.

"Penelitian lebih lanjut dianjurkan menggunakan kerangka waktu yang lebih lama dan langkah-langkah alternatif penurunan kognitif," tulis Allen.

Sebelumnya, penelitian yang membahas hal serupa juga pernah dipublikasikan pada 2016. Studi dari McGill University, Kanada menaytakan bahwa wanita yang melakukan seks lebih banyak memiliki ingatan yang lebih baik.

Diberitakan Independent, penelitian itu menemukan korelasi antara pertumbuhan area otak yang mengendalikan emosi, ingatan dan sistem saraf dengan aktivitas seksual. Selain aktivitas seksual, kegiatan lain yang terbukti dapat meningktkan ingatan adalah menggambar kegiatan di masa lalu dan memakan kunyit sekali sehari. 

 

sumber CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar