Amien Rais: Poros Ketiga Mustahil

  • Rabu, 25 April 2018 - 06:18:25 WIB | Di Baca : 1246 Kali

SeRiau - Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional, Amien Rais menilai bahwa koalisi poros ketiga dalam Pemilihan Presiden 2019 tidak mungkin. Bagi dia, poros ketiga mustahil.

"Buat saya, poros ketiga itu hampir mustahil," kata Amien di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 24 April 2018.

Amien menjelaskan sejumlah partai politik di Indonesia ini sudah mendukung Presiden Joko Widodo dalam Pilpres seperti PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Kemudian, beberapa partai non parlemen seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Sisanya, partai politik yang belum menentukan koalisi untuk Pilpres 2019 ialah Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Jadi, wacana poros ketiga itu hanya untuk memeriahkan suasana, substansinya tidak ada," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan, saat ini partainya menggunakan waktu seefektif mungkin untuk memunculkan poros ketiga di Pilpres 2019.

Partai Demokrat, kata dia, akan mendekati PKS, PPP, PKB, dan PAN untuk poros itu.

"Apabila memang dicapai suatu koordinasi-koordinasi dan kesepakatan-kesepakatan, sehingga dapat mengusung presiden dan wapres pada poros ketiga, bisa saja. Karena, memang masih dimungkinkan," kata Agus. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar