Bola Piala Dunia Dikritik Kiper-kiper Top

  • Ahad, 25 Maret 2018 - 06:43:55 WIB | Di Baca : 1405 Kali

SeRiau - Bola bernama Adidas Telstar 18 dipastikan menjadi bola yang akan digunakan di Piala Dunia 2018. Setelah dirilis pada November 2017, bola tersebut sudah digunakan di beberapa laga uji tanding, termasuk dalam pertandingan antara Jerman dan Spanyol, Jumat (23/3).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Esprit Arena tersebut kedua kiper dari kedua kesebelasan bergantian melakukan aksi penyelamatan. David de Gea dan Marc Andre ter Stegen harus fokus selama 90 menit.

Terlepas dari kegemilangan di atas lapangan, De Gea dan Ter Stegen menyampaikan keluh kesahnya mengenai bola yang digunakan. 

"[Bola] itu sangat aneh. Seharusnya dapat dibuat lebih baik lagi," komentar De Gea seperti dikutip dari AS.

"Bolanya seharusnya lebih baik lagi. Bolanya cepat sekali bergerak. Tapi saya pikir kami harus beradaptasi dan berusaha untuk menyesuaikan diri sebelum Piala Dunia dimulai. Kami tidak punya pilihan lain," kata Ter Stegen.

Selain kedua penjaga gawang tersebut pelapis De Gea di timnas Spanyol, Pepe Reina juga menyuarakan hal yang serupa. Namun berbeda dengan Ter Stegen yang pasrah, kiper Napoli itu menyatakan pihak produsen harus melakukan perubahan.

"Saya berani bertaruh Anda akan melihat setidaknya 35 gol jarak jauh [di Rusia], karena tidak mungkin untuk menjangkaunya. Dan bola itu dilapisi plastik yang membuatnya susah dipegang," ujar Reina.

"Penjaga gawang akan bermasalah dengan bola ini. Mereka harus menggantinya, masih ada waktu," sambung mantan kiper Liverpool itu.

Telstar 18 merupakan pengembangan terkini dari produsen peralatan olahraga asal Jerman. Nama Telstar mengacu kepada bola yang digunakan untuk Piala Dunia 1970 dan 1974.

Berbeda dengan generasi awal yang hanya berwarna hitam dan putih, Telstar 18 memiliki corak hitam dan putih serta gradasi abu-abu dengan corak kotak-kotak kecil.

Kritik dari pemain dan pelatih mengenai bola Piala Dunia tidak terjadi sekali ini saja. Sejak perhelatan Piala Dunia 1994 ada penjaga gawang yang tidak sreg dengan bola yang memiliki nama Questra.

Setelah itu setiap bola untuk Piala Dunia hampir selalu mendapat protes dari pelaku sepak bola. Salah satu bola yang mendapat banyak kritik adalah Jabulani yang digunakan di Piala Dunia 2010. (*JJ)



Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar