Romahurmuziy Sebut Banyak Pihak Salahgunakan Agama

  • Ahad, 18 Maret 2018 - 21:50:25 WIB | Di Baca : 1256 Kali

SeRiau - Ketua Umum PPP Romahurmuziy mengatakan masih banyak pihak yang menyalahgunakan agama karena menganggap agama yang diimani sebagai keyakinan yang paling benar.

"Itu yang di-Tuhan-kan pendapatnya, sehingga apa yang dikatakan dianggap sebuah kebenaran," kata Romi sapaan akrab Romahurmuzy, dalam diskusi tentang Peran Tokoh Agama dalam Merawat Kerukunan Umat Beragama untuk Menjaga Keutuhan NKRI di Mataram, Minggu (18/3).

Menurut Romi, dengan memutlakkan hal yang diyakini dan menganggap yang lain salah, bukanlah tindakan yang tepat. Sebab, setiap orang beragama pasti memiliki keyakinan akan kebenarannya masing-masing sesuai dengan agamanya.

Karenanya, harus ada sikap saling menghormati antar umat beragama di Indonesia.

"Prinsip saling menghormati, bagimu agamamu dan bagiku agamaku," ujar Romi.

Romi pun menyebut menyatukan perbedaan tidak dilakukan dengan menyamaratakan hal yang berbeda. Tetapi dengan menghormati perbedaan yang diyakininya masing-masing.

Apalagi, lanjutnya, perbedaan dan keragaman telah menjadi dasar dalam mendirikan Indonesia yang kemudian dituangkan dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

"Tidak perlu diperdebatkan karena kita memang beda," ucapnya.

Romi pun mengimbau kepada para pemuka agama untuk memastikan umatnya tidak saling menistakan dan merendahkan agama-agama lain. 

sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar