Gunung Anak Krakatau Digoyang 3 Kali Gempa, Radius 5 Km dari Kawah Belum Aman

  • Senin, 04 Maret 2019 - 09:37:43 WIB | Di Baca : 1092 Kali

 

 

SeRiau – Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung mengalami tiga kali gempa pada Minggu 3 Maret 2019, menurun dibandingkan sehari sebelumnya yang dilanda enam kali gempa. Aktivitas gunung api setinggi 110 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu masih level III atau siaga, belum naik ke awas.

“Melalui seismograf tanggal 3 Maret 2019 tercatat:- 3 kali gempa vulkanik dalam,” tulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM terkait kondisi Anak Krakatau dalam laman resminya, Senin (4/3/2019).

Pada Sabtu 2 Maret lalu, Gunung Anak Krakatau mengalami tiga kali gempa embusan, dua gempa vulkanik dalam dan satu kali gempa tremor non-harmonik.

PVMBG menyebutkan dari kemarin hingga pagi ini, secara visual Gunung Anak Krakatau terlihat jelas hingga tertutup kabut. Angin lemah ke arah timur dan baratdaya. Asap kawah tidak teramati.

“Masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 kilometer dari kawah,” demikian rekomendasi PVMBG.

Gunung Anak Krakatau terakhir mengalami erupsi pada 23 Februari 2019 pukul 17.33 WIB dengan ketinggian kolom abu 500 meter.

 

Sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar