Mana yang Lebih Ekonomis, Mobil Baru atau Bekas?

  • Selasa, 27 Februari 2018 - 01:50:53 WIB | Di Baca : 3039 Kali

SeRiau - Pilih mobil bekas atau mobil baru? Apa saja yang harus Anda pertimbangkan supaya tidak rugi? Mungkin beberapa pertanyaan tadi menjadi dilema untuk Anda yang akan membeli mobil baru.

Tentunya akan banyak pertanyaan yang nantinya akan terlintas dibenak Anda saat menentukan pilihan. Misal, apakah mobil tersebut cocok untuk kebutuhan kita, berapa harganya,  atau berapa biaya yang harus dikeluarkan tiap bulan untuk merawat mobil yang dibeli. 

Beberapa orang mungkin memilih mobil bekas karena dianggap lebih murah. Sementara beberapa orang lain membeli mobil baru karena memiliki beragam keuntungan. Tentunya hal ini membuat Anda bingung, berikut empat pertimbangan ini dapat membantu memilih mobil yang tepat.

Loading...

1. Dana Untuk Membeli

Sekali lagi sebelum memutuskan keduanya pertanyaan yang Anda harus jawab adalah beberapa dana yang Anda miliki. Jika Anda memiliki dana untuk membeli mobil secara tunai atau mampu membayar cicilan mobil Anda bisa membeli mobil baru.

Namun, jika dana yang dimiliki terbatas, mobil bekas bisa menjadi pilihan karena harganya jauh lebih murah, baik dibeli secara tunai ataupun kredit.

Jika membeli mobil bekas secara kredit, uang muka dan cicilan yang harus dibayarkan juga lebih rendah. Seperti mobil baru, terkadang dealer mobil bekas menawarkan diskon dan aksesoris mobil untuk konsumennya.

2. Harga Jual Kembali

Pertanyaan yang harus Anda pikirkan lagi adalah bila Anda ingin menjual kembali. Mobil merupakan produk investasi. Karena merupakan aset konsumsi, mobil akan mengalami penurunan harga. Biasanya, harga mobil akan terkena depresiasi bahkan di tahun-tahun pertama.

Belum tentu Anda membeli mobil baru jika Anda menjualnya akan medapatkan harga yang hampir serupa. Bahkan turun jauh bila Anda tidak merawatnya. Oleh karena itu, mobil bekas menjadi pilihan yang tepat dan menarik buat kita.

Jika dibandingkan, mobil baru bisa mengalami penurunan harga 20 persen-30 persen di tahun-tahun pertama. Bahkan  ada yang terkena depresiasi hingga 50 persen di tiga tahun pertama. Sementara mobil bekas tidak mengalami depresiasi sebesar mobil baru.

3. Perawatan

Ketiga soal perawatan mobil kedepannya, jika membeli mobil baru Anda tidak perlu repot soal perawatan dan servis kendaraan karena terdapat layanan servis berkala yang gratis sampai kilometer tertentu.  Selain itu, mobil baru didukung  mesin dan suku cadang yang baru pula sehingga Anda tidak terlalu repot untuk menggantikannya.

Pemandangan berbeda saat membeli mobil bekas, mungkin akan sering mengganti mesin atau suku cadang. Tapi, tak semua mobil bekas yang dibeli akan mengalami masalah tersebut. Ada beberapa mobil bekas yang masih mempunyai performa mesin yang baik.

Bahkan, jika mobil bekas yang dibeli merupakan kendaraan keluaran baru, Anda bisa mendapatkan jaminan garansi suku cadang karena beberapa perusahaan mobil mempunyai garansi suku cadang 3-5 tahun.

4. Waktu Membeli

Terakhir pertanyaan yang paling simpel yakni waktu membeli. Tentunya tidak mudah untuk membeli mobil dengan Anda memiliki kesibukan. Memilih mobil sama susah dengan memilih pasangan. Anda harus secara detail lihat bobot, bebet, dan kualitas dari mobil tersebut. Apalagi kebanyakan dealer akan membingungkan Anda dengan penawaran berbeda.

Jika Anda tidak punya waktu banyak disarankan untuk membeli mobil baru, sementera Anda memiliki waktu senggang Anda bisa memilih mobil bekas.

 

 

sumber daihatsu.co.id




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar