Mars Kabupaten Karimun Wajib Disosialisasikan Lagi

Bupati Kecewa Banyak Siswa Tak Hapal 4 Azam

  • Senin, 14 Agustus 2017 - 13:13:28 WIB | Di Baca : 43 Kali

KARIMUN, SeRiau - Bupati Karimun Aunur Rafiq mengaku sedikit kecewa terhadap pelajar yang tidak hapal 4 azam Kabupaten Karimun. Hal itu ia temui saat digelarnya lomba cerdas cermat beberapa hari kemarin di Gedung Nasional dan dia berkesempatan memberikan pertanyaan bonus bagi pelajar dengan menanyakan 4 Azam Kabupaten Karimun, namun tak satu pun yang maju hapal.

"Oleh karena itu saya minta kepada Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dan Sekda Karimun Muhammad Firmansyah untuk dapat menegaskan agar mars Kabupaten Karimun disosialisasikan lagi di Sekolah-sekolah. Karena ini sebagai tindaklanjut dari masyarakat Karimun khususnya para pelajar tidak hapal empat azam Kabupaten Karimun dan sudah mulai dilupakan, padahal sekolah sudah ada empat azam ditulis di sekolah-sekolah, tapi tidak diingat,"kata Rafiq, Senin (14/8).

Menurutnya, Mars Kabupaten Karimun ini sudah menjadi lagu milik masyarakat Kabupaten Karimun, untuk itu kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim bersama para Kepala Sekolah diharapkan dapat dibahwakan lagu Mars Kabupaten Karimun pada acara tertentu atau pada kesempatan apapun.

"Selain itu ketika acara peringatan HUT RI ke 72 nanti disaat menjelang detik-detik proklamasi sebelum acara dimulai, akan diisi dengan menyanyikan lagu-lagu nasional dan juga lagu Mars Kabupaten Karimun. Karena didalam lagu itu banyak makna dan banyak arti, kita kalau menyanyikan lagu tersebut. Rasa kedaerahan dan semangat rasa memiliki akan muncul, semangat ini akan tertanam bagi generasi yang akan datang agar rasa cinta dan memiliki Kabupaten Karimun melalui empat azam Kabupaten Karimun selalu membangun untuk kepentingan masyarakat," ucapnya.

4 Azam Kabupaten Karimun menurutnya, sudah sejak lama dilahirkan ketika almarhum Gubernur Kepri H Muhammad Sani masih menjadi Bupati Karimun pada waktu itu, ketika itu pula sudah disosialisasikan termasuk di sekolah-sekolah. Namun kondisi saat ini para siswa siswi kita banyak yang tidak hapal.

Oleh karena itu Rafiq berharap agar 4 azam Kabupaten Karimun bisa diterjemahkan dan bisa dibuktikan bahwa itu menjadi sasaran program pembangunan. Dia juga meminta agar tiap upacara Senin pagi di sekolah-sekolah harus diikutsertakan menyanyikan lagu mars Kabupaten.


"Sosialisasi saat Masa Orientasi Siswa (MOS) juga saya rasa perlu disosialisasikan dan diwajibkan bagi siswa baru menghapal lagu Mars Kabupaten Karimun, yang didalamnya terdapat poin 4 azam Kabupaten Karimun. Tujuannya untuk memberikan dorongan dan memebrikan sugesti bahwa mereka bangga dan cinta menjadi putra dan putri Kabupaten Karimun," harapnya.

Sedangkan pencipta lagu mars Kabupaten Karimun kata Rafiq diciptakan oleh seorang guru di Tanjungbatu bernama Wirdiardi pada tahun 2003 silam. Dengan demikian mars Kabupaten Karimun dinilai memang sudah cukup lama dan seharusnya masyarakat tidak asing lagi dengan lagu tersebut. 

"Bahkan sudah Dikasetkan dan sudah di sosialiasikan lagu milik Kabupaten Karimun pada masa pemerintahan pertama dulu. Grup angklungnya pun sudah ada di beberapa sekolah waktu itu. Saya rasa ini karena kita sudah meninggalkan hal-hal yang sudah menjadi kebiasaan kita dulu. Boleh kita berkembang dan maju dengan teknologi, tapi akar budaya kita, muatan lokal dan kearifan lokal itu jangan kita tinggalkan," pintanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim mengaku siap melaksanakan perintah Bupati Karimun Aunur Rafiq. Sebagai langkah awal dalam waktu dekat ini ia akan menegaskan kepada seluruh Kepala Sekolah dan akan dilakukan sosialisasi.

"Nanti kita akan buatkan surat edaran disekolah untuk melaksanakan penegasan dari Bupati tadi, tentang menyanyikan lagu mars kabupaten setiap ada apel pagi di sekolah. Edarannya dalam minggu ini sudah disampaikan yang isinya berupa himbauan untuk menyanyikan lagu mars Kabupaten Karimun setiap kesempatan apel," ucap Bakri.

Bakri pun heran ketika para siswa tidak hapal 4 azam Kabupaten Karimun, padahal menurutnya tulisan 4 Azam Kabupaten Karimun terpampang disemua sekolah. Seharusnya siswa hapal.

"Memang kalau dari sehi hapalan saya rasa banyak yang tak hapal 4 Azam itu, tapi kalau dari segi realisasinya sudah dijalankan. Seperti contoh setiap sekolah sekarang sudah menerapkan sholat zuhur berjamaah. Ini merupakan penerapan dari poin peningkatan iman dan taqwa," katanya.(*)



Berita Terkait

Tulis Komentar