Bupati Serahkan Tong Sampah dan Sticker Bagi Supir Angkot

Kesadaran Menjaga Kebersihan Oleh Penumpang Angkutan Umum Sangat Minim

  • Sabtu, 18 Maret 2017 - 19:31:56 WIB | Di Baca : 1148 Kali

KARIMUN, SeRiau - Kesadaran masyarakat Karimun dalam membuang sampah pada tempatnya masih sangat minim. Terlebih ketika tengah menaiki angkutan umum yang memang tidak tersedia tong 

sampah, sehingga tanpa malu membuang sampah dari jendela angkota dan enggan disimpan dulu sampai menemukan tong sampah saat turun dari kendaraan.

Hal itu disampaikan Ketua Angot trayek Tebing-Karimun, Hamdan saat baru saja menerima tong sampah dan stiker larangan membuang sampah dari dalam mobil oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam gerakan Karimun Bersih, Sabtu (18/3) di rumah dinas Bupati.

Loading...

"Memang tidak sedikit penumpang yang saya bawa kerap membuang sampah dari balik jendela angkot. Tapi mau gimana lagi bang, sepertinya mereka sudah terbiasa dan mau ditegur pun percuma," ucap pria yang akrab disapa Am ini.

Am mengaku bangga ketika dilibatkan dalam menjaga kebersihan, sehingga ia menganggap layaknya sebagai pelopor kebersihan di Karimun. Untuk itu ia berjanji akan menginstruksikan kepada seluruh anggotanya agar menerapkan kebersihan didalam angkot dan menegaskan kepada seluruh penumpang agar membuang sampah pada tong yang telah disediakan.

Setelah mendapatkan tong sampah gratis dan sticker larangan membuang sampah sembarangan, Am mengaku tidak akan segan-segan lagi menegur penumpangnya yang membuang sampah sembarangan keluar jendela. Karena sudah tersedia tongsampah bertujuan agar para penumpang tidak lagi membuang sampah keluar.

Sementara Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, penyerahan sticker dan tong sampah mini bagi angkutan umum merupakan realisasi dari gerakan Karimun Bersih. Yang bertujuan mengajak maryarakat terkhususnya pemilik kendaraan roda empat baik angkutan umum maupun pribadi agar tidak membuang sampah sembarangan dan menyediakan tong sampah mini didalam mobil.

"Tidak ada satu negara pun yang mampu mengelola sampah tanpa melibatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Di Karimun kita lihat dijalanan sudah bersih, tinggal memberikan kesadaran bagi masyarakat pengguna angkutan umum atau pemilik kendaraan roda empat agar tidak membuang sampah sembarangan dari dalam mobilnya," ucap Rafiq.

Dalam kesempatan itu Rafiq pun menyempatkan diri menempel sticker dan menyerahkan tong sampah kepada mobil pribadi bawahannya pejabat eselon II dan III. Dengan maksud agar anggota keluarga bawahannya pun turut serta menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah keluar dari  mobil.(*)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar