Hari HAM se Dunia, Repdem Riau Bentuk BARA Untuk Dampingi Rakyat Lawan Mafia Tanah

  • Kamis, 09 Desember 2021 - 15:46:36 WIB | Di Baca : 4487 Kali


SeRiau-  Bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) pada Jumat, 10 Desember 2021 ini, organisasi sayap PDI Perjuangan yakni Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) meresmikan Biro Advokasi Rakyat (BARA), untuk diterjunkan ke basis-basis rakyat. Masyarakat yang terpinggirkan atau selama ini selalu diabaikan oleh kepentingan modal besar alias kapitalisme, neoliberalisme akan mendapat kawan berjuang dengan hadirnya BARA Repdem ini.

Hal itu disampaikan Asmin, Ketua Biro BARA Repdem kepada wartawan, pada Kamis , 9, Desember, 2021, di Kota Pekanbaru, Riau.

Dijelaskan Asmin, BARA Repdem ini terdiri dari tiga unit kerja, masing-masing Advokasi Pendidikan Gratis, kemudian Advokasi Kesehatan Gratis dan Advokasi Reforma Agraria.

Loading...

Kader-kader BARA Repdem ini kata Asmin akan mendapat pelatihan menjadi para legal, sehingga cakap hukum dan mengerti proses pendampingan hukum kepada masyarakat yang termarjinalkan. Tidak hanya itu, kata Asmin lagi, BARA Repdem juga akan menggandeng para pengacara profesional dari Repdem. "Selain itu juga kami mendapat dukungan dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Repdem serta dukungan dari Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPP PDI Perjuangan untuk melakukan pendampingan kepada rakyat ini " ungkap Asmin. 

Bicara soal pendidikan gratis, menurut Asmin nantinya kader-kader BARA Repdem akan melakukan investigasi dan mengelola data soal penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penyalahgunaan dana BOS sangat rentan di satuan pendidikan, sehingga perlu adanya pengawasan dari kelompok masyarakat.

"Kita ingin memastikan agar adanya dana BOS serta program-program kerakyatan pemerintahan Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tercapai dengan berbagai macam program yang digelontorkan, dan jangan ada lagi anak usia sekolah tidak bisa menikmati pendidikan yang disediakan oleh negara, jika hal itu masih kami temukan kami akan mendampingi korban-korban penyepelean oleh dunia pendidikan " beber Asmin.

Kemudian soal Kesehatan Gratis, menurut Asmin, BARA Repdem akan menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan supaya dapat merespon bagi masyarakat tak mampu agar dapat menikmati fasilitas yang diberikan negara untuk berobat gratis.

"Demikian juga bagi pemegang kartu Jamkesmas atau Jamkesda dimana akan secara otomatis menjadi peserta BPJS Kesehatan kategori PBI (penerima bantuan iuran dari pemerintah) namun lantaran masih ada yang masyarakat yang belum mengetahui program-program tersebut maka BARA Repdem akan hadir untuk melakukan pendampingan dan advokasi kepada masyarakat termarjinalkan tersebut" beber Adit lagi.

Selanjutnya soal Advokasi Reforma Agraria, BARA Repdem menilai berdasarkan kajian, masalah agraria ini paling pelik dan massif terjadi di Provinsi Riau. Dimana yang paling massif terjadi adalah persoalaan perampasan lahan dan perusakan lingkungan karena koorporasi perusahaan sawit dan hutan tanaman industri merambah hutan alam.

Kondisi tersebut kata Asmin, bukan saja merugikan negara dan merusak lingkungan hidup, namun juga telah menyebabkan kemiskinan sistematis penduduk setempat akibat hak sumber daya alamnya dirampas koorporasi perkebunan sawit dan hutan tanaman industri.

Bahkan kata dia lagi, diduga banyak koorporasi perkebunan sawit dan HTI ini konsesinya tidak memiliki ijin namun tetap beroperasi hingga saat ini.

"Kami sangat mendukung dengan intruksi Presiden Jokowi untuk melawan para mafia tanah, begitu juga senior partai, Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR RI mbak Puan Maharani sudah menegaskan agar para mafia tanah harus dilawan, maka untuk menyikapi hal tersebut kami membentuk BARA Repdem ini, kami akan terjun ke basis-basis rakyat dan kami menjadi kawan berjuang bagi rakyat, merebut kembali hak-hak rakyat yang lahannya dirampas pemilik modal besar itu " beber Asmin.

Untuk itu, ungkap Asmin, BARA Repdem membuka posko pengaduan melalui sambungan telepon kepada masyarakat luas di Provinsi Riau supaya dapat melaporkan segala macam bentuk penindasan serta kesewenang-wenangan yang dialami rakyat.  "Masyarakat dapat menghubungi ke nomor telepon tim BARA Repdem dengan Bung Hadi 0823-8822 5970 atau ke nomor saya di 0821-6600-6612 dan Bung Messi di nomor  0813 6384 3520 " tutup Asmin.( Rilis)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar