Lahan Ilalang Seluas 3 Ha Terbakar di Dekat Tol Kanci Cirebon

  • Ahad, 25 Agustus 2019 - 23:56:09 WIB | Di Baca : 1018 Kali

SeRiau - Kebakaran lahan ilalang terjadi di Desa Kanci, blok Sigagla, Kecamatan Astana Japura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (25/8). 

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan kebakaran lahan itu bermula dari api yang merembet ke pinggir jalan raya arah Tol Kanci, sekitar pukul 12.43 WIB. 

Lahan ilalang seluas 3 hektare kemudian terbakar. Namun, kebakaran itu sempat bisa dipadamkan. 

"Selang beberapa waktu, api muncul kembali dari ilalang yang kering dan merembet ke arah selatan pinggir jalan raya dengan jarak sekitar hampir 5 meter memasuki kawasan Tol Kanci dengan luas [kebakaran] 1 hektare," ungkap Agus, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/8). 

Upaya pemadaman kemudian dilakukan oleh tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Pemadam Kebakaran (Damkar) Lemah Abang, dan Polsek Astanajapura.

Mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan. Petugas, kata dia, memadamkan api secara manual langsung ke titik api. Sempat ada kendala berupa medan yang sulit dicapai dan tidak ada sumber air terdekat. 

Akhirnya, Agus menyebut kebakaran lahan itu berhasil dipadamkan pada pukul 19.40 WIB. 

"Sedangkan penyebab kebakaran tersebut belum diketahui dan korban jiwa dinyatakan nihil," tandas dia. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar