CSR PT KLK Jadi Tanda Tanya, Warga Bulukasap Dumai Merasa Tak Pernah Terima

  • Sabtu, 22 Juni 2019 - 21:24:03 WIB | Di Baca : 313 Kali

 

SeRiau - Terkait dengan dana CSR Pt Kuala Lumpur Kepong (KLK), yang seharusnya kewajiban dari perusahaan untuk warga Bulu Kasap, terutama yang berada pada ring 1, yakni yang berjarak 500 hingga 1 Kilo Meter dari perusahaan wajib mendapatkan dana CSR dari perusahaan tersebut.

Dari hasil investigasi, Seriau.com dilapangan tepatnya di RT 12, 13,14 Dan 15, pada umumnya warga tidak ada pernah menerima apapun bentuknya  CSR dari Pt KLK Dan Pt Kreasi. Salah seorang warga RT 12 Kelurahan Bulu Kasap E-R mengakui, dirinya sudah 40 tahun tinggal di Bulu Kasap, tak pernah menerima apapun bentuknya CSR dari Pt KLK dan Pt Kreasi. 

Loading...

"Saya sudah puluhan tahun tinggal disini, tapi yang namanya CSR Pt KLK dan Pt Kreasi tak pernah ada saya terima, baik berbentuk barang ataupun uang," ungkap E-R sambil melihatkan emosinya. 

" Ya, kami disini jangankan dapat bantuan dana CSR Pt KLK dan Pt Kreasi, malah kami ni hanya dapat limbahnya saja dan bau busuk dari perusahaan tersebut," tandasnya lagi".

Hal serupa juga tertuang dari seorang warga RT 15, V-R yang mengatakan, sejak dia lahir 51 tahun lamanya, dana CSR Pt KLK dan Pt Kreasi tak pernah sedikitpun diterimanya, mana ada Pt KLK peduli akan kami disini, pada hal itu kewajiban dari perusahaan untuk mensejahterakan masyarakat yang berdiam di sekitar perusahaan trrsebut, tandasnya". Kami disini sebagai penonton saja, maklum kita  rakyat kecil dan hanya pasrah saja menerima apapun kejadiannya, ungkap V-R lagi".

Pada hal, tanggung jawab sosial perusahaan yang mana telah diatur dalam Undang-Undang No.40 Tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 47 Tahun 2012. Sementara itu CSR diatur dalam Pasal 74 JU PT serta Pasal 15 huruf b 25/2007, bahwa setiap perusahaan harus menjalankan program Corporate Social Responcibility (CSR) dengan baik sesuai peraturan per Undang-Undangan yang berlaku. Dan ini, jika masuk keranah hukum, akan ada terdapat unsur pidananya.

Terkait hal ini, Humas Pt KLK, Yogi sudah dikonfirmasi Seriau.com, baik melalui WA dan Hand Phone Celulernya, sama sekali tak ada membalasnya apa lagi meresponnya. Dan dia "Yogi" hanya memberikan pesan singkat saja agar mengarahkan rekan ke media ke pihak Kelurahan dan kepada pihak pemberdayaan pemuda Buluh Kasap. (Dedi Iswandi)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar