Demi Danau Toba, Kemenhub Bangun 8 Pelabuhan Senilai ‎Rp428 Miliar

  • Sabtu, 02 Maret 2019 - 00:05:38 WIB | Di Baca : 1032 Kali

SeRiau - Guna memberikan pelayanan penyerangan yang baik di Kawasan Danau Toba sesuai prosedur keselamatan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun 8 pelabuhan dengan menelan anggaran mencapai Rp428 miliar.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengungkapkan, 8 pelabuhan dibangun secara bertahap itu, adalah Ajibata, Ambarita, Simanindo, Tigaras, Muara, Balige, Tongging dan Marbun Toruan. Namun, baru dua pelabuhan siap dibangun, yakni Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita.

"Kedua pelabuhan penyeberangan baik di Ajibata dan Ambarita secara operasional telah siap untuk digunakan," ucap Budi Setiyadi, usai peresmian operasional KMP Ihan Batan di Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu 2 Maret 2019.

Anggaran pembangunan pelabuhan penyeberangan Ajibata mencapai Rp76 miliar dengan fasilitas bongkar muat menggunakan jembatan bergerak, serta dibangun trestle sepanjang 123 meter.

"Hanya saja untuk fasilitas pendukungnya sementara sambil disiapkan dan direncanakan selesai akhir tahun 2019 agar dapat digunakan secara optimal oleh masyarakat di sekitar Danau Toba," ?tutur Budi.

Selain itu terdapat pembangunan dermaga rakyat dengan sistem ponton, pembangunan gedung terminal dan kantor pelabuhan, areal parkir, serta fasilitas perpindahan moda dan pedestrian serta penataan dan pembangunan fasilitas penunjang lainnya di area darat. 

"Akses bagi pengguna kendaraan umum juga disediakan fasilitas angkutan bus Damri yang disediakan dari Bandara Silangit ke Pelabuhan Ajibata dan sebaliknya," kata Budi. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar