Perusahaan Diharapkan Beri Kontribusi untuk Masyarakat

  • Kamis, 24 Januari 2019 - 00:35:11 WIB | Di Baca : 557 Kali

SeRiau - Kalangan legislatif di DPRD Kota Pekanbaru mengapresiasi perusahaan-perusahaan di Pekanbaru yang telah berkontribusi di Kota Pekanbaru, seperti PT.Angkasa Pura II Pekanbaru yang paling menonjol memberikan tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat sekitar. 

Namun tentunya pihak perusahaan lainnya juga harus berperan aktif menjalankan tanggungjawab sosialnya terhadap kebutuhan masyarakat dlingkungan perusahaan, terlebih lagi saat ini Kota Pekanbaru sudah memiliki Perda CSR sehingga pihak perusahaan dilindungi oleh payung hukum yang jelas dalam menjalankan CSR.

"Dengan adanya perda ini, perusahaan-perusahaan yang ada di kota Pekanbaru dapat berkontribusi untuk masyarakat Pekanbaru," ujar Dian Sukheri, anggota DPRD kota Pekanbaru, Rabu (23/01).

Loading...

Menurutnya, Perda CSR ini bertujuan memaksimalkan proses dan output kontribusi perusahaan terhadap kebutuhan daerah. Bila sebelumnya perusahaan langsung berhubungan dengan apa kegiatan pemerintahan kemudian perusahaan melakukan koordinasi secara langsung masing-masing, maka dengan adanya perda kemarin, menginginkan semua terkoordinasi secara bersama.

"Jadi pemerintah membuat daftar prioritas kegiatan yang dibutuhkan lalu perusahaan membaca prioritas tersebut dan mereka secara bersama-sama dengan seluruh perusahaan yang ada di daerah mencoba memberikan kontribusi membantu pemerintah. Bahkan direkomendasi kita akan ada forum CSR. Forum dimana seluruh perusahaan ini dikumpulkan pemerintah, ada yang mengkoordinir nya dan disitu nanti akan ada komunikasi antara pemerintah dengan swasta," jelas Dian.

Lanjut Dian, bila dahulu perusahaan langsung yang mencari lingkungan untuk dibantu, maka saat perda ini dijalankan, pemerintah akan membuatnya daftar kebutuhan apa yang pemko akan lakukan dan diserahkan ke perusahaan dari forum tersebut. CSR ini berfokus pengentasan kemiskinan. Bisa juga dalam hal bantuan untuk usaha mikro. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar