Mensos Temukan Penyaluran Dana Bansos di Lapangan Tak Sesuai yang Diinginkan

  • Rabu, 07 November 2018 - 21:22:34 WIB | Di Baca : 37 Kali

SeRiau - Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita, mendapatkan informasi ada yang tak sesuai saat penyaluran bantuan sosial (bansos) di lapangan. Padahal, Kemensos sudah punya aturan saat penyaluran dana bansos dilakukan.

"Saya banyak mendapatkan laporan dari berbagai pihak bahwa ada hal-hal terjadi di lapangan tidak sesuai dengan apa yang akan diinginkan," kata Agus di acara Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Sosial Pangan, Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Wilayah II Tahun 2018 di The Rich Jogja Hotel, Rabu (7/11).

"Saya tak menyatakan itu suatu penyelewengan, tapi paling tidak tak sesuai dengan apa yang kita inginkan, tidak sesuai dengan prinsip 6T (tepat sasaran, jumlah, waktu, kualitas, harga dan administrasi) yang selalu kita pegang teguh," sambung dia.

Loading...

Agus mengungkapkan, temuan di lapangan itu akan dicermati oleh pihak Kemensos. Kemudian nantinya akan diketahui apakah ada motif tertentu atau memang sistemnya yang belum siap.

Agus menyebut temuan di lapangan itu secara kuantitas jumlahnya tidaklah besar. Juga, tak mempengaruhi capaian pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan hingga di bawah 9,8 persen.

"Buktinya angka kemiskinan turun. Suatu kebanggaan bagi kita. Tapi sekecil apapun dari hal-hal yang tak diinginkan kita tadi, harus dicarikan jalan keluarnya. Sekecil apapun itu," ungkap Agus.

Agus menambahkan meskipun angka temuan terkait penyaluran bansos kecil, pihak Kemensos tetap akan mencari solusi dari masalah tersebut. Kemensos juga akan membuka diri terhadap setiap masukan untuk memperbaiki penyaluran dana bansos.

"Karena bansos dananya dari pembayar pajak, dari APBN, jadi kita harus bertanggung jawab kepada mereka pembayar pajak. Jadi sekecil apapun hal tak diinginkan harus kita cari solusinya. Bagaimana kita tetap harus membuka ruang bagi diri kita sendiri terhadap perbaikan-perbaikan itu," tutup Agus. (**H)


Sumber: Merdeka.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar