Banyak Lokasi Digenangi Air, PUPR Lakukan Normalisasi Sungai

  • Selasa, 06 November 2018 - 23:17:19 WIB | Di Baca : 204 Kali

SeRiau - Intensitas hujan selama Bulan November cukup tinggi. Tak heran kalau genangan air terlihat dimana-mana, baik di jalanan maupun di pemukiman warga. 

Seperti keluhan tokoh masyarakat Pesisir Kecamatan Limapuluh kota Pekanbaru mengeluhkan persoalan banjir yang sering terjadi di wilayah RW 02 RT 02 Kelurahan Pesisir. Banjir yang sering terjadi di RW 02 disebabkan ditutupnya aliran drainase yang menuju ke sungai Siak.

H Hafis Ahmad selaku RW 02 Kelurahan Pesisir mengatakan,  Sejak ditutupnya aliran drainase disimpang Jalan Tanjung Batu dan persimpangan Jalan Tanjung Jati yang mengalir ke sungai Siak. Ketika air hujan melimpah sampai masuk ke rumah warga RW 02 yang menyebabkan beberapa peralatan rumah tangga menjadi rusak," ungkap Hafiz.

Loading...

Dulu, aliran air drainase ini menuju kearah sungai Siak, sehingga tidak ada banjir yang terjadi sampai masuk ke rumah warga. Sudah hampir sepuluh tahun lebih masyarakat RW 02 menderita dengan banjir yang terjadi. Padahal selama ini, pengaduan masyarakat sudah kita sampaikan ke pemerintah kota Pekanbaru. Untuk itu, kita meminta kepada pemerintah kota Pekanbaru khusunya melalui Dinas PUPR untuk bisa menyikapi persoalan banjir yang selalu dialami masyarakat RW 02 Kelurahan Pesisir," ungkap Hafis.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, dikonfirmasi terkait persoalan, mengakui daya tampung drainase yang ada di Kota Pekanbaru memang tidak memadai.

"Drainase di Pekanbaru ini kan rata-rata dibangun sudah sejak zaman dahulu saat pemukiman warga tidak sepadat sekarang. Apalagi sekarang kan hampir tak ada lagi daerah resapan air, jadi kalau hujan turun langsung masuk ke drainase, karena tak tertampung meluber ke jalanan," kata dia.

Mengantisipasi terkait persoalan yang dijelaskan, Indra Pomi, mengatakan, pihaknya sudah melakukan normalisasi terhadap drainase yang sudah banyak Sedimentasi ( Proses pengendapan material yang ditransport oleh media air). Pembersihan terhadap sungai-sungai yang ada juga tak luput menjadi perhatian dari pihaknya.

Disinggung terkait masih banyaknya jalanan di Pekanbaru rusak dan berlubang apalagi dengan kondisi musim hujan yang terjadi saat ini, Indra Pomi, mengatakan, sudah memetakan sejumlah titik jalan yang akan ditambal sulam.

"PUPR sudah petakan lokasi untuk perbaikan jalan di Pekanbaru, untuk prioritas, yang menggangu keselamatan masyarakat saat berkendara. Terutama di lokasi yang berkaitan dengan dua pembangunan Fly Over, di Simpang Pasar Pagi Arengka dan Mall SKA," jelasnya. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar