Erdogan Bakal Resmikan Masjid Terbesar Eropa di Jerman

  • Selasa, 25 September 2018 - 18:47:32 WIB | Di Baca : 1192 Kali

SeRiau - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan meresmikan masjid terbesar di Eropa di Kota Cologne, Jerman, Sabtu nanti.

Masjid yang dibangun oleh Serikat Islam Turki untuk Bidang Keagamaan (DITIB) itu rampung setelah dibangun selama delapan tahun dan berkapasitas 1.200 jemaah.

"Masjid ini akan menjadi yang paling penting dan salah satu yang terbesar di Eropa dan Jerman. Masjid ini menjadi simbol bagi saudara muslim kita yang tinggal di sini," kata Kepala DITIB, Nevzat yasar Asikoglu, seperti dilansir laman Anadolu, Selasa (25/9).

"Masjid kami juga jadi simbol perdamaian, persaudaraan dan budaya hidup bersama," kata dia.

Asikloglu menuturkan setiap yang mengunjungi masjid ini akan kagum dengan desain interior masjid yang didominasi motif Seljuk.

Masjid ini punya sembilan pintu masuk dan ada bulan sabit serta bintang di bagian tengah kubahnya.

Kompleks masjid seluar 17 ribu meter persegi ini juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan, ruang pameran, dan aula seminar serta ruang konferensi memuat 600 orang. Selain itu di masjid ini juga ada ruang perpustakaan, perkantoran, dan lapangan parkir di lantai bawah.

Jerman saat ini berpenduduk 81 juta jiwa dan merupakan negara dengan warga muslim terbanyak kedua di Eropa setelah Prancis.

Di antara 4,7 juta muslim, ada sekitar tiga juta warga asal Turki. Sebagian besar adalah keturunan kedua atau ketiga dari keluarga mereka yang bermigrasi ke Jerman sekitar 1960-an. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar